10 PENEMUAN BENDA PURBAKALA TERTUA DI DUNIA

Tahukah kamu bahwa alam semesta berusia 14 miliar tahun dan bumi kita telah berusia 4,5 miliar tahun? Sejak Nabi Adam menghuni bumi pada 209.000 Ribu tahun lalu, peradaban manusia terus berevolusi dan meninggalkan jejak warisan berupa benda purbakala tertua di dunia yang kemudian ditemukan oleh para ilmuwan di seluruh dunia. Penemuan-penemuan tersebut menunjukkan kepada kita bahwa peradaban kuno lebih maju daripada yang kita pikirkan. Berikut ini 10 Penemuan Benda Purbakala Tertua di Dunia.



10. GAUN TERTUA- 5000 tahun
benda tertua di dunia
Gaun tertua - Photo credit: ar.pinterest.com

Gaun tertua di dunia ini milik raja Narmer, berusia 5000 tahun dan ditemukan di pemakaman Tarkhan - Mesir oleh seorang arkeolog bernama Flinders Petrie pada tahun 1911-1913. Bahan gaun terbuat dari kain yang sangat halus dan sudah rapuh, fotografer yang ingin mengambil gambar tidak diizinkan menggunakan flash. Sekarang, gaun ini telah diawetkan dan disimpan di Museum Arkeologi Mesir Petrie. 


9. RODA KAYU TERTUA - 5150 tahun
benda tertua di dunia
Roda Ljubljana Marshes - Photo credit: sloveniatimes.com
Roda kayu tertua ini dikenal dengan sebutan Roda Ljubljana Marshes, ditemukan di Ljubljana, ibukota Slovenia. Tim arkeolog Slovenia menemukannya pada tahun 2002 dan Laboratorium Penelitian Wina membuktikan bahwa roda itu telah berumur 5150 tahun. Roda tersebut berdiameter 28 inci dan terbuat dari kayu ash. Pada tahun 2011, tempat penemuan Roda Ljubljana Marshes dinobatkan sebagai situs warisan dunia UNESCO untuk melindungi situs peninggalan prasejarah.

8. SEPATU TERTUA - 5500 tahun
benda tertua di dunia
The Areni 1 - Photo credit: wikimedia.org
The Areni 1 adalah sepatu kulit tertua yang ditemukan pada tahun 2008 di kompleks gua Areni 1 di Armenia. Menurut para peneliti, penggunaan sepatu telah dikenal manusia sejak 35.000 tahun yang lalu dan Areni 1 telah berusia 5500 tahun. Sepatu ini ditemukan dalam kondisi sempurna karena iklim kering di dalam gua dan lapisan tebal kotoran domba telah membantu melindunginya dari kelembaban. Tali sepatu juga diawetkan dan dalam kondisi baik. Sekarang Sepatu ini dipajang di Museum Sejarah Armenia.

7. BANGUNAN TERTUA - 4850 SM
benda tertua di dunia
The Cairn of Barnenez - Photo credit: wikipedia.org
The Cairn of Barnenez adalah monumen Neolitik yang terletak di utara Finistere, Prancis. Dibangun kira-kira pada periode Neolitik atau sekitar 4850 SM. The Barnenez Cairn memiliki panjang 72 meter, lebar 25 meter dan tinggi 8 meter. 1 M3 dari area Cairn of Barnenez berisi 1500 kg batu dan seluruh monumen dibangun menggunakan sekitar 14.000 ton batu. Bangunan ini terdapat sebelas kamar yang saling terpisah satu dengan yang lainnya.

6. POHON HIDUP TERTUA - 9550 tahun
benda tertua di dunia
Pohon Hidup Tertua - Photo credit: wikimedia.org
Pohon Hidup Tertua yang bernama Old Tjikko ini terletak di Gunung Fulufjället provinsi Dalarna Swedia, hidup sebagai pohon individu kloning vegetatif tertua di dunia. Berdiri setinggi 5 meter dan diperkirakan berumur 9.550 tahun.

Selama ribuan tahun, pohon muncul dalam formasi semak kerdil (juga dikenal sebagai formasi krummholz) karena keadaan ekstrem dari lingkungan di mana ia hidup. Selama pemanasan global abad terakhir, pohon ini telah tumbuh ke dalam formasi pohon normal. Orang yang pertama kali menemukannya Leif Kullman (Profesor Geografi Fisik di Universitas Umeå), telah mengaitkan percepatan pertumbuhan pohon Old Tjikko terhadap pemanasan global.


5. LUKISAN GUA TERTUA - 40.800 tahun
benda tertua di dunia
Lukisan Gua Tertua - Photo credit: nationalgeographic.com
Gua castle (kastil) adalah gua yang berisi ornamen seni tertua di dunia. Gua ini terletak di Monte Castillo di Spanyol. Pertama kali ditemukan oleh seorang arkeolog Spanyol pada tahun 1903. Lukisan dalam dinding gua ini diperkirakan sudah ada sejak 40.800 tahun yang lalu.

Manusia purba saat itu menggunakan tangannya sebagai stensil atau dasar cetakan dan menyemburkan pewarna ke dinding gua untuk membuat lukisan tangan, totalnya ada sekitar 150 karya seni lukisan termasuk beberapa ukiran rusa. Sekarang Gua castle tersebut telah dinobatkan sebagai situs warisan dunia UNESCO dan mendapat perlindungan hukum dari perintah setempat.

4. ALAT MUSIK TERTUA - 43.000 tahun
benda tertua di dunia
The Divje Babe flute - Photo credit: wikipedia.org
Divje Babe flute adalah alat musik tertua di dunia, ditemukan pada tahun 1995 di taman arkeologi Divje Babe di barat laut Slovenia. Alat musik ini diperkirakan dibuat pada periode Pleistosen akhir atau sekitar 43.000 tahun yang lalu. Divje Babe flute berupa tulang beruang berukuran 11,3 cm yang telah dilubangi (menyerupai seruling). Alat musik tertua di Dunia ini sekarang telah disimpan dan menjadi koleksi dari Museum Nasional Slovenia.

3. PATUNG TERTUA - berusia 400.000 tahun
benda tertua di dunia
Patung tertua - Photo credit: wikimedia.org
Ketika tim arkeolog melakukan penggalian di kota Tan-Tan - Maroko pada tahun 1999 mereka menemukan sebuah batu berbentuk patung yang kemudian diklaim sebagai patung tertua di dunia. Patung ini tertimbun ditanah sedalam 15 meter dan diperkirakan berasal dari periode Middle Acheulian atau sekitar 300.000 hingga 500.000 tahun yang lalu. Tinggi patung sekitar 6 cm dan berbentuk sosok manusia.

2. FOSIL MANUSIA TERTUA - 7 juta tahun
benda tertua di dunia
Sahelanthropus Tchadensis - Photo credit: timetoast.com
Sahelanthropus tchadensis adalah salah satu benda purbakala tertua di dunia, yang merupakan spesies homininae yang telah punah yang berumur sekitar 7 juta tahun yang lalu, atau berdekatan dengan waktu peralihan genetis antara manusia-simpanse. Fosil ini dijuluki sebagai Toumaï atau "harapan hidup", ditemukan pertama kali di Gurun Djurab di Chad oleh tim yang terdiri dari empat orang yang dipimpin oleh Michel Brunet. 

Semua materi dari Sahelanthropus seperti tengkorak dan tulang paha ditemukan pada Juli 2001 dan Maret 2002 di tiga situs berbeda. Para penemu mengklaim bahwa Sahelanthropus tchadensis adalah leluhur manusia tertua setelah terpecahnya garis manusia dari simpanse.

1. BATU TERTUA - 4,4 miliar tahun
benda tertua di dunia
Mineral Zirkon - Photo credit: livescience.com
Ketika bumi terbentuk 4,5 miliar tahun yang lalu, sebagian besar mineral dilelehkan oleh erosi dan hanya sedikit yang terpapar di permukaan bumi. Beberapa dari batuan ini ditemukan di Shields Kanada, Afrika dan Australia. Dalam ilmu geologi, batuan tertua di bumi adalah mineral Zirkon yang berumur 4,4 miliar tahun lalu atau sekitar 200 juta tahun setelah pembentukan bumi. Ilmuwan Kanada sedang dilakukan Penelitian untuk mengetahui rahasia di balik batu ini termasuk bagaimana proses pendinginan magma saat awal pembentukan bumi dan proses pembentukan benua.

0 Response to "10 PENEMUAN BENDA PURBAKALA TERTUA DI DUNIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel