10 NEGARA TERKAYA DI DUNIA 2018 VERSI DANA MONETER INTERNASIONAL

Kita sering kali mendengar pertanyaan "Apa yang membuat suatu negara lebih kaya dari negara yang lain? Apakah dari sumber daya alam yang melimpah atau jumlah orang kaya di negara tersebut?", bukan! itu bukan standar dalam penilaian sebagai Negara Terkaya Di Dunia melainkan ada indikator ekonomi universal yang menjadi tolak ukur untuk menentukan Negara Terkaya Di Dunia.

Purchasing Power Parity dan Geary-Khamis Dollar

Paritas daya beli atau PPP digunakan untuk menentukan nilai relatif mata uang yang berbeda dan itu juga memainkan peran penting dalam menentukan nilai tukar. Seluruh konsep Paritas Daya Beli didasarkan pada hukum satu harga, yang menyatakan bahwa dengan tidak adanya hambatan perdagangan dan biaya transaksi dan ketika harga dilambangkan dalam satu mata uang, barang yang sama akan memiliki harga yang sama di pasar internasional.



Tetapi dalam situasi dunia nyata, biaya transaksi memang ada bersama dengan hambatan perdagangan. Jadi untuk menyesuaikan nilai tukar mata uang untuk perbedaan PPP, para ekonom menggunakan mata uang hipotetis yang dikenal sebagai dolar Geary-Khamis atau "dolar internasional".

Berikut ini adalah daftar 10 Negara Terkaya Di Dunia 2018 berdasarkan data dari Dana Moneter Internasional pada tahun 2017, dan sebagai referensi, kami menyertakan PDB/Produk Domestik Bruto (nominal) per kapita.

10. SWISS
negara terkaya di dunia
Swiss - image source: revue.ch
PPP Per Capita : Int $ 61.360 
PDB Per Capita : US $ 80.591

Masuk dalam 10 Negara Terkaya Di Dunia tahun 2018, Swiss dikenal karena kehebatan sistem perbankannya. Dua dari tiga bank terbesar di Swiss, yaitu UBS dan Credit Suisse merupakan Bank dengan layanan keuangan terbesar di dunia. Sekitar 10% -12% dari total PDB bersumber dari sektor perbankannya saja.

Sebagian besar ekspornya adalah produk-produk berteknologi tinggi, seperti jam tangan, peralatan medis, obat-obatan dan vaksin. Swiss juga terkenal dengan sektor perindustriannya yang hebat, Beberapa perusahaan raksasa seperti Nestle, Novartis dan LafargeHolcim semuanya berbasis di Swiss.

9. UNI EMIRAT ARAB (UEA)
negara terkaya di dunia
Uni Emirat Arab - image source: partsolutions.com

PPP Per Capita : Int $ 68.245 

PDB Per Capita : US $ 37.226

Uni Emirat Arab atau UEA menempati wilayah kecil di ujung tenggara semenanjung Arab, UEA adalah monarki federal yang terdiri dari tujuh negara bagian dan Abu Dhabi sebagai ibukota negaranya. Dengan PDB raksasa (nominal) US $ 400 miliar, menjadikan UEA sebagai negara dengan ekonomi terbesar kedua di antara negara-negara GCC.

Perekonomian UEA sebagian besar bersumber dari sektor minyak dan gas, namun akhir-akhir ini pemerintah UEA telah mengambil langkah-langkah untuk melakukan diversifikasi ke berbagai sektor terutama Investasi skala besar dalam sektor infrastruktur untuk meningkatkan pariwisata di Uni Emirat Arab.

8. KUWAIT
negara terkaya di dunia
Kuwait - image source: gultbusiness.com

PPP Per Capita : Int $ 69,669 

PDB Per Capita : US $ 27.319

Pada tanggal 22 Februari 1938, peneliti menemukan kandungan minyak dalam jumlah besar di gurun sebelah tenggara Kuwait yang sekarang dikenal dengan nama ladang minyak Burgan.
Penemuan itu kemudian mendorong pertumbuhan perekonomian Kuwait setara dengan negara-negara timur tengah. Pada tahun 1980 – 1990-an perekonomian Kuwait sempat jatuh akibat gejolak politik dalam negeri dan mencapai puncaknya saat terjadi invasi Iraq ke Kuwait.

Saai ini, lebih dari 90% pendapatan pemerintah berasal dari ekspor minyak bumi, sementara sisanya berasal dari jasa keuangan dan sektor pariwisata. Kuwait memiliki sekutu internasional yang kuat terutama dengan AS dan NATO, selain itu Kuwait juga memiliki hubungan dagang dengan China dan negara-negara ASEAN.



7. NORWEGIA
negara terkaya di dunia
Norwegia - image source: thetanjungpuratimes.com

PPP Per Capita : Int $ 70,590 

PDB Per Capita : US $ 74.941 (3)

Terletak di bagian barat laut Semenanjung Skandinavia, Norwegia adalah salah satu Negara Paling Makmur di Dunia. Negara ini memiliki koefisien Gini terendah (indikator yang menunjukkan tingkat ketimpangan pendapatan secara menyeluruh), dan juga merupakan Negara Paling Bahagia kedua di Dunia.

Sektor jasa menyumbang lebih dari 60% total PDB negara itu, minyak memainkan peran penting dalam perekonominya. Norwegia adalah produsen minyak terbesar di Eropa setelah Inggris.

6. IRLANDIA
negara terkaya di dunia
Irlandia - image source: wikimedia.com
PPP Per Capita : Int $ 72,632 
PDB Per Capita : US $ 70,638 (4)

Irlandia adalah negara ekonomi terbuka. Masuk dalam peringkat 6 pada Indeks kebebasan ekonomi dan pertama untuk aliran FDI (investasi asing langsung) bernilai tinggi. Negara ini bergabung dengan Masyarakat Ekonomi Eropa (EEC) pada tahun 1973 dan dengan cepat mengambil keuntungan dari kebijakan ekonomi liberal yang melejitkan perekonomi Irlandia dari Negara-negara yang relatif kecil.

Pertumbuhan ekonominya sempat terhenti selama krisis ekonomi global tahun 2008. Sekitar 70% dari PDB Irlandia berasal dari sektor jasa, 28% dari industri dan kurang dari 2% dari pertanian.

5. BRUNEI DARUSSALAM
negara terkaya di dunia
Brunei Darussalam - image source: wikimedia.com

PPP Per Capita : Int $ 76,743 
PDB Per Capita : US $ 29.712 (28)

Brunei adalah negara kecil di pulau Borneo yang sangat kaya. Saat ini, Brunei Darussalam memiliki Indeks Pembangunan Manusia tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Singapura, sehingga diklasifikasikan sebagai negara maju. Menurut Dana Moneter Internasional, Brunei memiliki produk domestik bruto per kapita terbesar kelima di dunia dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. 
Lebih dari 90% PDB berasal dari produksi minyak dan gas alam dan sisanya dari pariwisata dan kegiatan ekonomi lainnya.

Sementara itu, Forbes menempatkan Brunei sebagai negara terkaya kelima dari 182 negara karena memiliki ladang minyak bumi dan gas alam yang luas. Selain itu, Brunei juga terkenal dengan kemakmurannya dan ketegasan dalam melaksanakan syariat Islam, baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat.

4. SINGAPURA
negara terkaya di dunia
Singapura - image source: wikimedia.com

PPP Per Capita : Int $ 90,531 
PDB Per Capita : US $ 57.713

Republik Singapura adalah sebuah negara pulau kecil yang terletak di Asia Tenggara tepat di atas Khatulistiwa di belahan bumi bagian utara. Singapura terdiri dari 62 pulau kecil dan satu pulau besar.
Sejak awal berdiri sampai menjadi Negara yang berdaulat, perekonomi Singapura tetap stagnan selama tahun-tahun, namun karena munculnya berbagai industri dan kebijakan ekonomi yang menguntungkan, negara ini dengan cepat menjadi salah satu Negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia setara dengan Taiwan, Hong Kong dan Korea Selatan.

Singapura adalah salah satu pemimpin global di berbagai sektor ekonomi, seperti keuangan, minyak dan manufaktur. Saat ini Singapura juga merupakan pusat keuangan terbesar ke-4 di dunia, pasar taruhan terbesar kedua dan salah satu pusat logistik tersibuk di dunia.



3. LUXEMBOURG
negara terkaya di dunia
Luxembourg - image source: wikimedia.com
PPP Per Capita : Int $ 109,192 
PDB Per Capita : US $ 105,803

Luxembourg adalah sebuah kecil di Eropa Barat dengan luas 2.586 kilometer. Ekonomi yang stabil, berpendapatan tinggi mencirikan pertumbuhan yang moderat, inflasi rendah, dan tingkat pengangguran yang rendah pula. 

Sektor industri di negara ini meskipun terdiversifikasi, sebagian besar difokuskan pada produksi baja dan besi. Sektor komponen otomotif dan industri kimia juga semakin meningkat. Perekonomian Luxembourg juga ditopang dari sektor keuangan dan menjadikannya sebagai pusat investasi dana terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

2. MAKAU
negara terkaya di dunia
Makau - image source: pixabay.com
PPP Per Capita : Int $ 114,430 
PDB Per Capita : US $ 77,451

Seperti Hong Kong, Makau juga diidentifikasi sebagai wilayah administratif khusus Cina. Pertumbuhan ekonomian bersumber dari pariwisata dan perjudian. Sejak tahun 2000, Macau telah mencatat peningkatan eksponensial dalam jumlah total wisatawan yang diterima setiap tahun. Kecenderungan serupa telah dicatat dalam industri perjudian yang terus berkembang di Macau. Kegiatan ekonomi penting lainnya yaitu manufaktur tekstil dan jasa keuangan.

1. QATAR
negara terkaya di dunia
Qatar - image source: wallscover.com
PPP Per Capita : Int $ 124.927 
PDB Per Capita : US $ 60,804

Negara Qatar tidak diragukan lagi jika dinobatkan sebagai Negara Terkaya Di Dunia dan salah satu negara terkuat di antara negara-negara Arab. Ekonomi Qatar bersumber dari gas alam dan minyak bumi, yang menghasilkan lebih dari 70% dari total pendapatan pemerintah. Qatar memiliki cadangan gas alam terbesar di dunia. Rakyat Qatar menikmati standar hidup yang tinggi, tidak ada pembebanan pajak penghasilan dan tingkat pengangguran yang sangat rendah.

Jauh sebelum penemuan minyak, ekonomi terbesar Qatar diperoleh dari pengelolaan mutiara dan kegiatan berburu. Bukti sejarah perdagangan mutiara tertulis dalam banyak transkrip resmi dari Kekaisaran Ottoman pada tahun 1890-an. Minyak ditemukan di Qatar untuk pertama kalinya pada tahun 1940 di Dukhan Field.

0 Response to "10 NEGARA TERKAYA DI DUNIA 2018 VERSI DANA MONETER INTERNASIONAL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel