10 FAKTA MENCENGANGKAN TENTANG MILITER AMERIKA

FaktaLeaks - Militer Amerika atau United States Armed Forces adalah sebuah angkatan bersenjata yang dibentuk oleh pemerintah federal Amerika Serikat. Terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut, Korps Marinir, & Penjaga Pantai. Sejak awal dibentuk, Militer selalu dibawah kendali sipil dan Presiden adalah Panglima Tertinggi, hal ini sudah menjadi tradisi kuat di Amerika sejak dulu. Dilansir dari situs military.com, berikut ini kami merangkum 10 Fakta Mencengangkan Tentang Militer Amerika.



1. PANGLIMA TERTINGGI ANGKATAN BERSENJATA AMERIKA SERIKAT
militer amerika serikat terbaru wikipedia
image credit: military.com
Presiden Amerika Serikat bertindak sebagai Panglima Tertinggi Militer Amerika, semua keputusan akhir terkait Militer Amerika ada ditangan Presiden. Menteri Pertahanan memiliki kendali atas seluruh matra di angkatan bersenjata, kecuali Coast Guard (Penjaga Pantai) berada dibawah naungan Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika.

2. SEJARAH BERDIRINYA MILITER AMERIKA
militer amerika serikat terbaru wikipedia
image credit: acclaimimages.com
Usia Angkatan Darat Amerika lebih tua daripada negara Amerika Serikat sendiri. Angkatan Darat Amerika secara resmi didirikan dan dipimpin oleh George Washington (Presiden Pertama AS) pada tahun 1775, setelah berhasil meraih kemenangan atas Inggris dalam Perang Revolusi. Kemenangan itu adalah cikal bakal pendirian negara Amerika Serikat pada tahun 1776.

3. DEKLARASI PERANG AMERIKA
militer amerika serikat terbaru wikipedia
image credit: pbs.org
Secara resmi Militer Amerika Serikat telah mengumumkan Deklarasi Perang sebanyak 7 kali, yaitu; Perang tahun 1812 Britania Raya - Amerika, Perang Meksiko - Amerika, Perang Spanyol - Amerika, Perang Dunia I, Perang Dunia II, Perang Vietnam - Amerika dan Perang Iraq - Amerika. Selain itu, Militer Amerika juga telah mengirim sebanyak 300 kali pasukan ke seluruh penjuru dunia terutama di negara-negara konflik perang.



4. NEGARA DENGAN JUMLAH TENTARA TERBANYAK DI DUNIA
militer amerika serikat terbaru wikipedia
image credit: vice.com
Setiap tahun sekitar 79.000 warga negara Amerika bergabung dengan Militer. Jika di ibaratkan Tentara Amerika adalah penduduk sebuah kota maka ini akan menjadi kota terpadat ke-10 di AS, lebih padat dari kota-kota populer seperti San Francisco - California, Jacksonville - Florida atau Austin - Texas. Menurut globalfirepower.com (2017), jumlah tentara Amerika yaitu 2,363,675 personil, terdiri dari 1,373,650 personil aktif dan 990,025 personil cadangan.

5. NEGARA DENGAN SENJATA NUKLIR TERBANYAK DI DUNIA
militer amerika serikat terbaru wikipedia
image credit: team.ru
Amerika Serikat adalah satu dari lima Negara dengan Senjata Nuklir Terbanyak di Dunia yang telah tergabung dalam perjanjian the Non-Proliferation of Nuclear Weapons (NPT). 

Pada 2017, AS memiliki sekitar 4.018 senjata nuklir yang tersebar di Amerika dan sebagian di pangkalan-pangkalan militer Amerika di seluruh dunia. Angka ini jauh berkurang jika dibandingkan pada era perang dingin tahun 1967 sebanyak 31.225 hulu ledak nuklir.


6. ANGGARAN MILITER TERBESAR DI DUNIA
militer amerika serikat terbaru wikipedia
image credit: telesurtv.net
Anggaran Militer Amerika pada tahun 2015 sebesar US$ 601 miliar dan merupakan Anggaran Militer Terbesar di Dunia. China menempati urutan kedua sebesar US$ 216 miliar, dan Rusia di posisi ketiga dengan anggaran militer sebesar US$ 84,5 miliar. Anggaran militer adalah yang paling besar dari total anggaran belanja pemerintah Amerika Serikat yaitu 16%, jauh lebih tinggi jika dibandingkan anggaran untuk pendidikan yang hanya US$ 102,3 miliar.


7. PROYEK MILITER AMERIKA YANG TIDAK LAZIM
militer amerika serikat terbaru wikipedia
image credit: worldinwar.eu
Pada tahun 1972 sampai 1995, Militer Amerika mendanai sebuah Proyek Stargate untuk penelitian paranormal "Remote Viewing". Proyek itu bertujuan mengumpulkan paranormal untuk melakukan operasi kecerdasan dan operasi Parapsikologi. Parapsikologi yaitu kajian ilmiah dari tiga jenis kejadian yang dianggap tidak biasa, yang berhubungan dengan pengalaman manusia. Tahun 2004 seorang jurnalis asal Inggris menulis buku tentang proyek tersebut berjudul The Men Who Stare at Goats, buku itu kemudian menjadi acuan dalam pembuatan film The Men Who Stare at Goats yang disutradarai oleh Grant Heslov dan rilis pada tahun 2009.



8. GAJI PENSIUN VETERAN TENTARA AMERIKA
militer amerika serikat terbaru wikipedia
image credit: military.com
Setiap tentara yang berdinas di Militer Amerika selama 20 tahun atau lebih berhak menerima pensiun sebesar 50% dari gaji pokok, namun kenyataannya 83% dari mereka berdinas tidak sampai 20 tahun sehingga mereka tidak memenuhi syarat untuk menerima pensiun. Meskipun begitu, Militer Amerika masih menganggarkan US$ 100 miliar dana pensiun untuk tahun fiskal 2017.

9. DERITA TENTARA AMERIKA
militer amerika serikat terbaru wikipedia
image credit: ivn.us
1 dari 3 tentara Amerika yang kembali dari medan perang memiliki masalah kesehatan mental dan psikologis yang cukup serius, seperti PTSD atau depresi. Kebanyakan dari tentara yang menderita depresi ini mengalami berbagai macam masalah sosial terutama perceraian, bunuh diri, pengangguran, dan tunawisma.

10. ANGKA KEMATIAN TENTARA AMERIKA
militer amerika serikat terbaru wikipedia
image credit: theblaze.com
Perkembangan pesat dalam bidang medis Militer Amerika dengan pelayanan tanggap darurat yang cepat dan ditunjang teknologi canggih terbaru, telah berhasil menekan angka kematian tentara Amerika yang bertugas di daerah-daerah konflik. Selama keterlibatan Amerika dalam Perang Vietnam (1965-1973), ada 1.818 kematian per 100.000 tentara per tahun, sementara dalam perang Irak dan Afganistan (2003-2011), tercatat 355 kematian per 100.000 tentara per tahun.

0 Response to "10 FAKTA MENCENGANGKAN TENTANG MILITER AMERIKA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel