10 FAKTA MENARIK TENTANG KOTA VATIKAN ROMA

FaktaLeaks - Negara Kota Vatikan adalah sebuah negara religi tempat kedudukan Tahta Suci dan pusat pemerintahan Gereja Katolik dunia. Kota Vatikan yang terletak di tepian Sungai Tiber dan dikeliling tembok setinggi 12 meter ini menyimpan begitu banyak misteri dibalik keanggunan, keindahan dan keunikan didalamnya selama lebih dari 2000 tahun. Sejarah 

negara Vatikan didirikan setelah penandatanganan Pakta Lateran antara Tahta Suci dan Republik Italia pada tanggal 11 Februari 1929 dan mulai berlaku sejak 7 Juni 1929. Bentuk negara Vatikan sebagai negara berdaulat yang berbeda dari Takhta Suci diakui secara universal berdasarkan hukum internasional. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah 10 Fakta tentang Kota Vatikan Roma yang menarik untuk disimak.



1. TIDAK ADA WARGA NEGARANYA YANG LAHIR DI NEGARA INI
foto kota vatikan
Bentuk Kota Vatikan - photo credit: travelandleisure.com
Kewarganegaraan di Kota Vatikan tidak didasarkan pada tempat kelahirannya namun hanya diberikan kepada mereka yang berdomisili di Vatikan karena pekerjaan atau jabatan mereka. Kardinal yang tinggal di Kota Vatikan serta para Duta Besar dan diplomat yang bertugas disini dianggap sebagai warga negara. Disisi lain, secara teknis tidak ada yang bisa melahirkan di Kota Vatikan karena tidak adanya rumah sakit bersalin.

2. NEGARA DENGAN KONSUMSI ANGGUR TERBESAR DI DUNIA
foto kota vatikan
Perayaan Misa Kudus - photo credit: religionnews.com
Penduduk Kota Vatikan rata-rata mengkonsumsi 54,26 liter anggur setiap tahun, angka ini lebih banyak jika dibandingkan dengan negara-negara konsumsi anggur tertinggi di dunia seperti Andorra, Kroasia, Slovenia dan Prancis. Tingginya tingkat konsumsi anggur tersebut semata-mata untuk kegiatan keagamaan terutama perayaan misa dan paskah.

3. KOTA DENGAN JARINGAN KERETA API TERPENDEK DI DUNIA
foto kota vatikan
Kereta Api Kota Vatikan - photo credit: s.yimg.com
Transportasi kereta api di Kota Vatikan (Ferrovia Vaticana) adalah jaringan kereta api terpendek di dunia, hanya ada dua jalur sepanjang 300 meter dengan 2 kereta pengangkut barang dan satu buah stasiun (Città del Vaticano). Kereta api Kota Vatikan telah memiliki akses ke jaringan kereta api Italia sesuai dengan Perjanjian Lateran pada tahun 1929. Jalur kereta api dan stasiun Città del Vaticano mulai dibangun pada masa pemerintahan Paus Pius XI dan sampai saat ini jalur kereta api tersebut difungsikan untuk pengangkutan barang namun pada momen-momen tertentu difungsikan untuk mengangkut penumpang.



4. JUMLAH WISATAWAN LEBIH BANYAK DARI PENDUDUK NEGARA KOTA VATIKAN
foto kota vatikan
Tempat Wisata di Kota Vatikan- photo credit: ak4.picdn.net
Negara Kota Suci Vatikan dikenal sebagai tempat yang religius, bersejarah, dan punya pengaruh kuat terhadap politik global, hal tersebut membuat Kota Vatikan selalu dibanjiri wisatawan, tercatat lebih dari 5,5 juta orang dari seluruh dunia datang setiap tahunnya. Disisi lain populasi Kota Vatikan hanya sekitar 800 orang dimana 450 orang memiliki kewarganegaraan Vatikan, sementara sisanya hanya memiliki izin tinggal.

5. MEMILIKI MATA UANG SENDIRI
Pada tahun 2000, Vatikan dan Italia menandatangani sebuah kesepakatan, yang memungkinkan Kota Suci Vatikan untuk mengadopsi euro sebagai mata uang resminya dan proses percetakan dimulai tahun 2002. 

Euro Vatikan menjadi alat tukar legal baik di Kota Vatikan maupun Italia dan dapat diedarkan secara bebas ke seluruh zona euro. Koin euro Vatikan telah mengalami berbagai perubahan selama bertahun-tahun namun tetap menampilkan gambar Paus Francis sejak tahun 2014.
foto kota vatikan
Mata Uang Vatikan - photo credit: eurocoinland.files.wordpress.com

6. PASUKAN PENGAWAL PAUS HARUS BERKEWARGANEGARAAN SWISS
foto kota vatikan
Pasukan Garda Swiss - photo credit: telegraph.co.uk
Pasukan elit ini dikenal dengan nama Swiss Guard, terdiri dari 135 tentara pilihan yang bertanggung jawab atas keamanan Paus. Swiss Guard terbentuk sejak 510 tahun lalu atas kerjasama antara Swiss dan Kekaisaran Romawi Suci. Proses rekrutmen Swiss Guard menetapkan beberapa syarat utama, yaitu: Pria berkewarganegaraan Swiss, berusia antara 19 sampai 30, tinggi 174 cm, beragama Katolik, pendidikan minimal sekolah menengah atas. Selanjutnya mereka mengikuti pelatihan militer dengan klasifikasi pasukan khusus.

7. VATIKAN MEMILIKI TELESKOP DI ARIZONA
foto kota vatikan
Teleskop milik Vatikan - photo credit: en.wikipedia.org
Letaknya di Gunung Graham, sebelah tenggara negara bagian Arizona AS, Vatican Advanced Technology Telescope (VATT) dioperasikan oleh Observatorium Vatikan, ini adalah salah satu fasilitas penelitian astronomi tertua di dunia. Teleskop sepanjang 1,8 m ini dikenal memiliki kualitas optiknya yang canggih. 



8. KANTOR POS TERBAIK DI DUNIA
foto kota vatikan
Kantor Pos Kota Vatikan - photo credit: romewise.com
Layanan pos Vatikan salah satu yang tercepat dan terbaik di dunia saat ini, dan jumlah surat-menyurat yang dikirim dengan kodepos Kota Vatikan termasuk yang terbanyak diseluruh dunia. Menurut Universal Postal Union, kebanyakan warga Kota Roma dan sekitarnya justru memilih mengirimkan surat dan dokumen mereka ke Kantor Pos Vatikan daripada menggunakan layanan pos nasional Italia yang dianggap kurang baik. Layanan Pos Kota Vatikan mulai berdiri sejak tahun 1929 dengan membuat prangko sendiri.

9. VATIKAN TIDAK MENYEDIAKAN CAP PASPOR
foto kota vatikan
Cap Paspor - photo credit: wisegeek.com
Meskipun menjadi negara terkecil di dunia, pengunjung atau wisatawan tidak akan bisa mendokumentasikan kunjungannya dalam bentuk cap paspor karena Negara Kota Vatikan secara resmi mendelegasikan wewenang imigrasi dan pengawasan perbatasannya ke pemerintah Italia sehingga tidak ada stempel paspor khusus untuk Kota Vatikan.

10. SATU-SATUNYA NEGARA DI DUNIA YANG TERDAFTAR DI UNESCO
foto kota vatikan
Vatikan terdaftar di Unesco - photo credit: boomervoice.ca
Sampai dengan bulan Juli 2014, Italia tercatat memiliki sekitar 51 situs bersejarah yang terdaftar di Unesco, jumlah ini terbanyak daripada negara lain di dunia dan Vatican adalah satu-satunya negara yang dinobatkan sebagai situs warisan dunia Unesco.

0 Response to "10 FAKTA MENARIK TENTANG KOTA VATIKAN ROMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel