10 DEWA GITAR - GITARIS TERBAIK DUNIA SEPANJANG MASA VERSI ROLLING STONE MAGAZINE

FaktaLeaks - Gitaris Terbaik Dunia Sepanjang Masa, mereka dipilih atas masukan dan penilaian dari para Gitaris Terkenal Dunia yang selanjutnya diolah oleh tim kontributor Rolling Stone Magazine yang terdiri dari David Browne, Patrick Doyle, Douglas Wolk, David Fricke, Brian Hiatt, Alan Light, Rob Tannenbaum dan Will Hermes untuk menentukan daftar urutan berdasarkan pengaruh, orisinalitas, musikalitas dan rifftageousness.

Semua Gitaris Terbaik di Dunia dalam daftar ini adalah 10 Dewa Gitar Legendaris & Terkenal dari berbagai aliran seperti rock, metal, blues, jazz dan lain-lain.




1. JIMI HENDRIX
Gitaris Terbaik di Dunia Sepanjang Masa
Image Source: psyc2301.wikispaces.com
James Marshall "Jimi" Hendrix adalah seorang Gitaris Legendaris, penyanyi, dan penulis lagu asal Amerika. Meskipun karirnya cukup singkat hanya selama empat tahun namun secara luas ia dianggap sebagai salah satu pemain Gitar Terbaik Dunia paling berpengaruh dalam sejarah musik modern, dan salah satu musisi paling terkenal di abad 20. Museum The Rock and Roll Hall of Fame menobatkannya sebagai Gitaris Terhebat dalam sejarah musik rock dunia.

Album: First Rays of the New Rising Sun, Band of Gypsys, Voodoo Child: The Jimi Hendrix Collection, Live at the Fillmore East, Live at Woodstock, dll
Genre: Blues-rock, Rock music, Experimental rock, Psychedelia & Heavy metal
Kebangsaan: Amerika
Label: MCA Records, Vee-Jay Records, Polydor Records, Reprise Records & Barclay Records
Awal Karir: Seattle, Washington, Amerika Serikat.

Tahukah Kamu? Pendiri Microsoft Bill Gates dan Paul Allen adalah penggemar berat Jimi Hendrix
2. JIMMY PAGE
Gitaris Terbaik di Dunia Sepanjang Masa
Image Source: amazon.com/Jimmy-Page
James Patrick "Jimmy" Page, OBE adalah seorang Pemain Gitar Terbaik, musisi, penulis lagu, multi-instrumentalis, dan produser rekaman yang meraih kesuksesan internasional sebagai Gitaris dan pemimpin band rock Led Zeppelin. Page memulai karirnya sebagai musisi sesi studio di London dan pada pertengahan 1960an dia menjadi Gitaris sesi yang paling banyak dicari di Inggris. Dia juga adalah anggota grup band The Yardbirds dari tahun 1966 sampai 1968. Pada akhir 1968 dia mendirikan Led Zeppelin.

Album: Coverdale/Page, Come With Me, Live at the Greek, Don’t Send Me No Flowers, Lucifer Rising and Other Sound Tracks, dll
Genre: Blues-rock, Folk rock, Heavy metal, Rock and roll & Jazz
Kebangsaan: Inggris
Label: Atlantic Records, Geffen Records, Mercury, Fontana Records dan Swan Song Records
Awal Karir: London, Inggris

3. ERIC CLAPTON
Gitaris Terbaik di Dunia Sepanjang Masa
Image Source: movethatjukebox.com
Eric Patrick Clapton atau CBE dijulukan "Slowhand", adalah Gitaris Hebat sekaligus penyanyi, penulis lagu, dan komponis asal Inggris yang pernah memenangi Grammy Award. Sebagai salah seorang musisi paling sukses pada abad ke-20 dan 21, namanya juga diabadikan di museum The Rock and Roll Hall of Fame sebanyak 3 kali. 

Fans dan para pengamat musik mengaguminya sebagai seorang Gitaris Terbaik Sepanjang Masa karena keahliannya dalam bermain Gitar. Nama Eric Clapton berada pada urutan ke 3 dalam daftar Gitaris Terbesar Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stone. Selain itu, namanya juga termasuk ke dalam daftar 100 Artis Terbesar Sepanjang Masa versi majalah yang sama.

Album: 461 Ocean Boulevard, Crossroads, Pilgrim, Journeyman, Tears in Heaven, dll
Genre: Blues-rock, Rock music, Reggae, Pop rock & Soft rock
Kebangsaan: Inggris
Label: RSO Records, ATCO Records, Deram Records, Polydor Records & Reprise Records
Awal Karir: London, Inggris.



4. STEVIE RAY VAUGHAN
Gitaris Terbaik di Dunia Sepanjang Masa
Image Source: guitarworld.com
Stevie Ray Vaughan adalah Gitaris Handal, penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman. Terlepas dari karir singkatnya yang hanya berlangsung selama tujuh tahun, dia adalah salah satu Gitaris paling berpengaruh dalam kebangkitan musik beraliran blues di tahun 1980an. AllMusic menobatkannya sebagai Seorang Gitaris Blues Terbaik yang membuat membuat warna baru bagi musik blues dunia. Dia meninggal secara tragis akibat kecelakaan helikopter pada tanggal 27 Agustus 1990 di perbukitan sky Alpine Valley Resort di Troy Timur, Wisconsin, AS

Album: Couldn't Stand the Weather, In Step, Texas Flood, The Essential Stevie Ray Vaughan and Double Trouble, The Sky Is Crying, dll
Genre: Blues-rock, Rock music, Instrumental rock, Electric blues & Jazz fusion.
Kebangsaan: Amerika
Label: Entertainment, Epic Records, A&M Records, Legacy Recordings
Awal Karir: Dallas, Texas, Amerika

5. EDDIE VAN HALEN
Gitaris Terbaik di Dunia Sepanjang Masa
Image Source: morrisonhotelgallery.com
Edward Lodewijk "Eddie" Van Halen, seorang musisi, penulis lagu dan produser asal Belanda. Dia dikenal sebagai Gitaris Legendaris ahli tapping dan pendiri band hard rock Van Halen. Dia dianggap sebagai salah satu Gitaris Terbesar Di Dunia, dan salah satu Gitaris Rock paling berpengaruh di abad ke-20. Pada tahun 2010, majalah Rolling Stone menempatkan Van Halen pada nomor lima dalam daftar 100 Gitaris Terbesar Dunia. Eddie terpilih sebagai nomor satu dalam polling pembaca majalah Guitar World untuk "The 100 Greatest Guitarists of All Time" pada tahun 2012.

Album: Van Halen, Van Halen II, Women and Children First, Fair Warning, Diver Down, 1984, 5150, OU812, For Unlawful Carnal Knowledge, dll
Genre: Popular music, Pop music, Rock music, Heavy metal & Neo-classical metal
Kebangsaan: Netherlands, Indonesia, Amerika
Label: Warner Bros. Records
Awal Karir: Netherlands

6. DAVID GILMOUR
Gitaris Terbaik di Dunia Sepanjang Masa
Image Source: jazzinphoto.wordpress.com
David Jon Gilmour, CBE, adalah seorang Gitaris Handal Dunia, musisi, penyanyi, penulis lagu dan multi-instrumentalis. Dia terkenal sebagai Gitaris Metal dan co-lead vokalis pada band rock progresif Pink Floyd. Pada tahun 2012 grup tersebut diperkirakan telah menjual lebih dari 250 juta rekaman di seluruh dunia, termasuk 75 juta diantaranya terjual di Amerika Serikat. Selain karyanya bersama Pink Floyd, David Gilmour juga telah merilis empat album solo yaitu David Gilmour, About Face, On a Island dan Rattle That Lock. Lewat manajemen artis yang dipimpinnya, Gilmour berhasil mengorbitkan grup pop The Dream Academy.

Album: On an Island, David Gilmour, Remember That Night, About Face & Live in Gdansk
Genre: Blues-rock, Rock music, Experimental rock, Soft rock & Progressive rock
Kebangsaan: Inggris
Label: Sony Records, Harvest Records, EMI, Sony Music Entertainment & Columbia
Awal Karir: Cambridge, Inggris

7. B.B. KING
Gitaris Terbaik di Dunia Sepanjang Masa
Image Source: theriffrepeater.com
Riley B. King yang lebih dikenal dengan sebutan B.B. King, adalah seorang Gitaris Blues Terbaik Dunia, penyanyi blues, penulis lagu, dan produser rekaman. B.B. King memperkenalkan gaya tersofistikasi dari permainan solo berbasis pada irama petikan dan suara vibrato gitar elektrik yang kemudian banyak diadopsi oleh pemain-pemain Gitar Terhebat dunia.

Nama B.B King tercantum dalam museum The Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1987 dengan julukan "Raja Blues" yang berpengaruh sepanjang masa, dan salah satu dari tiga Dewa Gitar Blues bersama Albert King dan Freddie King. B.B King dikenal karena tampil cemerlang sepanjang kariernya bermusik, tercatat pada tahun 1956 ia telah tampil di 342 acara dan sampai pada tahun 1970-an ia rata-rata tampil 200 konser setiap tahun.

Album: Let the Good Times Roll, Live at the Regal, Ladies and Gentleman... Mr. B.B. King, How Blue Can You Get?, Electric Blues, dll
Genre: Blues-rock, Soul blues, Rock music, Memphis blues & Electric blues
Kebangsaan: Amerika
Label: ABC Records, RPM Records, MCA Records, Bullet Records & Geffen Records
Awal Karir: Itta Bena, Mississippi, Amerika




8. CARLOS SANTANA
Gitaris Terbaik di Dunia Sepanjang Masa
Image Source: cyberfret.com
Carlos Santana adalah musisi Meksiko dan Amerika yang mengawali debut di dunia musik pada akhir 1960-an dan awal 1970-an bersama bandnya "Santana", sekaligus sebagai pelopor perpaduan musik rock dan musik Latin. Santana memadukan antara melodi gitar bernuansa blues dengan ritme Latin Afrika yang menonjolkan instrumen perkusi seperti timbales dan congas yang umumnya tidak terdengar di musik rock. Selama berpuluh-puluh tahun, Santana tetap konsisten dengan warna musik ini.

Santana berada di puncak popularitas pada akhir tahun 1990-an dimana dia mendapat begitu banyak dukungan dan pujian dari kritikus musik dunia. Tahun 2003 majalah Rolling Stone mencatut nama Santana di nomor 20 dalam daftar 100 Gitaris Terbaik Dunia Sepanjang Masa. Dia telah memenangkan 10 Grammy Awards dan tiga Grammy Awards Latin.

Album: Legacy Edition, Eat at Whitey's, The Live Adventures of Mike Bloomfield and Al Kooper, Legendary Latin Rock Tracks, Bring 'Em In, dll
Genre: Blues-rock, Chicano rock, Pop music, Rock music & Garage rock
Kebangsaan: Meksiko
Label: Polydor Records, Arista Records, PolyGram, Columbia & RCA Records
Awal Karir: California, Amerika

9. BRIAN MAY
Gitaris Terbaik di Dunia Sepanjang Masa
Image Source: fanart.tv
Brian Harold May adalah seorang Gitaris Terkenal di Dunia, musisi, penyanyi, penulis lagu, astrofisikawan yang mencapai ketenaran internasional sebagai Gitaris band rock Queen. Dia menggunakan Gitar Elektrik buatan rumahan yang dijuluki "Red Special". May adalah salah satu pendiri Grup Band Legendaris Dunia "Queen" bersama rekannya vokalis Freddie Mercury dan drummer Roger Taylor, yang sebelumnya mereka pernah membentuk grup band Smile saat masih kuliah. 

Beberapa karyanya yang terkenal bersama Queen antara lain: We Will Rock You, Tie Your Mother Down, I Want It All, Fat Bottomed Girls, Flash, Who Wants to Live Forever dan The Show Must Go On. 

Album: Red Special, The Adventures of Pinocchio: Original Motion Picture Soundtrack, Live at the Brixton Academy, Star Fleet Project, Furia, dll
Genre: Rock music, Heavy metal, Pop rock, Progressive rock & Glam rock
Kebangsaan: Amerika, Inggris
Label: Parlophone, Hollywood Records
Awal Karir: London, Inggris

10. JEFF BECK
Gitaris Terbaik di Dunia Sepanjang Masa
Image Source: ncut.co.uk
Geoffrey Arnold "Jeff" Beck adalah Gitaris Rock Terbaik Dunia asal Inggris. Dia adalah salah satu dari tiga Gitaris yang pernah bergabung bersama grup Band Rock Legendaris "The Yardbirds". Beck juga membentuk grup The Jeff Beck dan Beck, Bogert & Appice. Sebagian besar hasil rekaman Beck ber-genre blues rock, heavy metal, jazz fusion dengan inovasi suara distorsi gitar.

Walapun dia memiliki dua album solo yang pernah hit pada tahun 1975 dan 1976 namun Jeff Beck tetap fokus membangun dan mempertahankan kesuksesan bersama band dan rekan se-zamannya. Beck juga pernah berkontribusi pada beberapa musisi ternama dalam proses pembuatan album mereka antara lain: Rod Stewart, Jon Bon Jovi, Mick Jagger, Kate Bush, Tina Turner, Morrissey, Malcolm McLaren, Brian May, Roger Waters, Donovan, Stevie Wonder, Les Paul, Zucchero, Cyndi Lauper, Screaming Lord Sutch, Stanley Clarke dan ZZ Top

Album: Truth, Blow by Blow, Wired, You Had It Coming & Jeff Beck's Guitar Shop
Genre: Blues-rock, Rock music, Instrumental rock, Electronic dance music &  Jazz fusion
Kebangsaan: Inggris
Label: EMI, Epic Records
Awal Karir: Inggris

0 Response to "10 DEWA GITAR - GITARIS TERBAIK DUNIA SEPANJANG MASA VERSI ROLLING STONE MAGAZINE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel