Saturday, September 9, 2017

10 PERALATAN MILITER TERCANGGIH DAN UNIK DI DUNIA

Peralatan Militer Tercanggih
FaktaLeaks - Negara-negara dengan militer terkuat di dunia saat ini seakan berlomba untuk meningkatkan kemampuan personal tentaranya dengan peralatan militer terbaru. Mereka sadar bahwa dunia militer di era modern ini, skill atau keahlian pribadi prajurit tidaklah cukup tanpa ditunjang dengan Peralatan Militer Modern yang memadai. Berikut ini adalah 10 Peralatan Militer Tercanggih di Dunia yang dikutip dari berbagai sumber.



10. C40PS HYBRID HEADSET
peralatan militer tercanggih di dunia
photo credit: fineartamerica.com
Memasuki daerah musuh merupakan bagian penting dari setiap operasi militer yang sering menimbulkan kendala khususnya masalah komunikasi, faktor kebisingan suara teriakan atau suara keras baling-baling helikopter kadang menjadi pemecah komunikasi antara personil di lapangan.

Untuk mengatasi masalah ini, militer AS telah mengembangkan C40PS Hybrid Headset yang dapat menyaring noise besar dalam kondisi apapun, terutama saat berada dalam helikopter. Headset militer ini juga dilengkapi dengan kabel baja dan klip kerah yang sudah dimodifikasi untuk menjaganya tetap stabil terhadap goncangan.

9. BODYGUARD ELECTRO GAUNTLET
peralatan militer tercanggih di dunia
photo credit: id.pinterest.com
Bodyguard Electro Gauntlet adalah alat untuk sistem pertahanan personal. Alat ini dilengkapi dengan sinar laser, kamera video dan stun gun (alat kejut listrik) berkekuatan sampai 300,000 volt. kulit luarnya dibalut dengan titanium keras dan ringan sehingga tidak mengganggu pergerakan. Alat ini juga pernah dipakai dalam pembuatan film James Bond's Die Another Day.

8. PRISM 200C BACKPACK
peralatan militer tercanggih di dunia
photo credit: dailymail.co.uk
Pengintaian sangat penting untuk mengukur kekuatan maupun kelemahan lawan. Data hasil pengintaian menjadi dasar dalam mengatur strategi operasi. Cambridge Consultant adalah sebuah perusahaan di Inggris telah mengembangkan alat seukuran tas punggung yang memungkinkan tentara dapat melihat menembus dinding. Prism 200C dapat memindai obyek yang terhalang materi seperti kayu, beton atau batu bata dan menampilkannya dilayar dalam bentuk gambar bergerak 3 dimensi.



7. WRIST MOUNTED MONITOR
peralatan militer tercanggih di dunia
photo credit: officer.com
Tactical Electronics Wrist Mounted Monitor dengan layar beresolusi tinggi 3.5 inci yang terpasang di lengan, memberi keleluasaan bagi tentara untuk mengoperasikannya walaupun dalam kondisi ekstrim. Wrist Mounted Monitor berfungsi menampilkan video yang dipancarkan secara real-time dari empat sistem kamera Taktis, sehingga tentara dapat mengirim dan menerima video di daerah operasi secara real time.

6. L-3 GPNVG-18 - GROUND PANORAMIC NIGHT VISION GOGGLE
peralatan militer tercanggih di dunia
photo credit: washingtontimes.com
Anda mungkin ingat dengan Operasi Neptune Spear Navy Seals untuk menangkap Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan tahun 2011. Operasi tersebut secara tidak langsung telah mengekspos 2 (dua) senjata rahasia militer AS, yaitu helikopter MH-X Silent Hawk dan kacamata night vision L-3 GPNVG-18.

Anggota SEAL Team Six bernama Matt Bissonnette menulis dalam bukunya "No Easy Day" mengatakan bahwa GPNVG-18 adalah perangkat penglihatan malam yang dilengkapi dengan 4 monokuler, memungkinkan bagi mereka bisa mengamati dan mengidentifikasi target sampai sudut 120 derajat dalam kondisi buruk sekalipun. 

GPNVG-18 diproduksi oleh divisi L-3 Warrior Systems Insight di Londonderry, New Hampshire dan Pentagon telah menghabiskan dana sekitar $ 12,5 juta membeli GPNVG-18 untuk pasukan khusus AS.

5. THE THROWBOT XT
peralatan militer tercanggih di dunia
photo credit: beechwoodequipment.com
The Throwbot XT adalah robot kecil dengan kemampuan taktis serbaguna, cocok digunakan untuk misi penyelamatan atau pengintaian. Robot ini berfungsi untuk mengirim sinyal audio dan video dari tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh manusia. Beratnya hanya sekitar 540 gram dengan jangkauan jelajah maksimal 36 meter. Selain itu, robot ini dilengkapi mekanisme inframerah yang akan aktif setiap kali memasuki tempat dengan cahaya rendah sehingga bisa beroperasi dalam keadaan gelap total.

Baca Juga:
10 RENCANA GILA PENGGUNAAN NUKLIR YANG TIDAK LAZIM
10 PROYEK INTELIJEN AMERIKA YANG BOCOR KE PUBLIK

4. THE TEC TORCH
peralatan militer tercanggih di dunia
photo credit: gadgetreview.com
Pada tahun 2015, Angkatan Udara Amerika Serikat bersama perusahaan Energetic Materials & Products, Inc., telah berhasil mengembangkan The TEC Torch atau blender las yang dapat menghasilkan semburan api 2.700 ° celcius, ini cukup untuk melelehkan baja setebal 5 centimeter. 
Dalam operasi militer atau misi penyergapan, alat ini dianggap lebih efektif untuk menjebol pintu besi dibandingkan menggunakan bahan peledak, selain kerjanya cepat, The Tec Torch juga tidak menimbulkan suara yang bising.



3. LIQUID ARMOR
peralatan militer tercanggih di dunia
photo credit: nanonewsnet.ru
Liquid Armor atau Armor Cair adalah rompi anti peluru paling canggih saat ini. Liquid Armor masih dalam tahap pengembangan oleh MIT dan Laboratorium Penelitian Angkatan Darat Amerika Serikat atau ARL. Liquid Armor terdiri dari serat sintetis (Kevlar) yang direndam dalam cairan pengental khusus (Non-Newtonian fluid), cairan jenis ini akan bereaksi pada tekanan tertentu. Saat dilakukan tes, menunjukkan bahwa ketika sebuah peluru di tembakan, cairan Kevlar yang basah itu akan beruba menjadi sangat keras dan menahan gerak maju peluru.

2. DARPA’s PCAS
peralatan militer tercanggih di dunia
photo credit: darpa.mil
Dalam situasi perang, ketika pasukan darat membutuhkan bantuan serangan udara, pasukan darat dan pilot hanya mengandalkan komunikasi suara dan peta untuk saling berkordinasi. Hal ini kadang menimbulkan kesalahan persepsi atau salah paham yang berakibat fatal bagi pasukan darat. 

Masih segar dalam ingatan kita kejadian yang di alami oleh Tentara Filipina di Kota Marawi pada tanggal 31 Mei 2017, dimana pilot pesawat tempurnya malah menjatuhkan bom di posisi teman sendiri yang menyebabkan 10 tentara tewas. Hal ini disebabkan karena si pilot keliru dalam menerima informasi titik kordinat musuh (posisi target).

DARPA’s PCAS atau Persistent Close Air Support, bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan saling berbagi informasi akurat antara unit udara (pilot) dengan pasukan di darat. Dengan alat ini, pilot dapat menginformasikan situasi dan sistem persenjataan musuh secara real-time. Demikian pula sebaliknya, pasukan di darat dapat menginformasikan situasi di target sasaran kepada pilot.

1. XOS 2 EXOSKELETON
peralatan militer tercanggih di dunia
photo credit: businesswire.com
Ini adalah robot yang di gerakkan oleh manusia, robot ini akan membuat tentara menjadi manusia super yang kuat dan lincah. XOS 2 merupakan generasi terbaru dibuat dengan bahan yang jauh lebih ringan dan memangkas hampir setengah dari energi penggerak yang digunakan dari pendahulunya XOS 1.

XOS 2 Exoskeleton dijalankan dengan sistem hidrolik dan sensor high end. Alat ini terbuat dari kombinasi aluminium dan baja bertulang yang dirancang untuk melakukan tugas berat, dan sistem penggerak hidroliknya dapat mengangkat benda 17 kali lebih berat dari batas kekuatan manusia normal.