10 FAKTA TENTANG KOTA BARCELONA SPANYOL

FaktaLeaks - Kota Barcelona adalah tempat wisata menarik & bersejarah yang menawarkan keindahan pemandangan alam, karya seni dan arsitektur bangunannya. Ini adalah kota terbesar kedua di Spanyol dan merupakan ibukota Catalunya dengan luas wilayah mencapai 100,4 kilometer persegi. Kota yang berdiri pada tahun 230 SM ini merupakan salah satu pusat ekonomi, pariwisata, olahraga, dan budaya dunia yang berhasil menarik jutaan wisatawan setiap tahun. Berikut ini adalah 10 Fakta Tentang Kota Barcelona yang perlu Kamu ketahui. 



1. SEJARAH KOTA BARCELONA
sejarah kota barcelona
photo credit by: stoketravel.com
Sejarah asal-usul Kota Barcelona hingga saat ini masih belum jelas, ada dua versi cerita rakyat Spanyol tentang pendirian Barcelona. Versi pertama, kota Barcelona didirikan pada tahun 230 SM oleh Carthaginian general Hamilcar Barca, ayah dari Hannibal, ia menamai kota Barcino sesuai dengan nama keluarganya. Versi lainnya menyebutkan bahwa Kota Barcelona didirikan oleh Hercules, 400 tahun sesudah berdirinya kota Roma.

2. HARI VALENTINE VERSI KATALAN
Hari George's Day & Hari Buku Sedunia
photo credit by: timeout.com
Saint George's Day, yang dikenal dengan bahasa Spanyol sebagai Día de Sant Jordi, adalah hari libur nasional Katalan dan bertepatan dengan hari buku sedunia. Saint George's Day juga disebut Hari Mawar atau el Día de la Rosa, dimana hari itu banyak dijumpai bunga mawar di seluruh penjuru kota. Ini berarti bahwa Saint George's Day sama dengan Hari Valentin versi orang Katalan di Barcelona. 

Legenda Saint George's bermula ketika ia menyelamatkan seorang putri cantik dari terkaman naga Montblanc yang hendak memakannya, aksi Saint George's ini dianggap tindakan yang heroik dan romantis sehingga orang Katalan merayakan Saint George's Day dengan suasana romantis. Tradisi mereka yaitu saling bertukar hadiah kepada kekasih, pria memberikan mawar pada wanita dan para wanita memberikan hadiah buku sebagai tanda cinta mereka. Pemerintah Kota Barcelona telah menggabungkan antara perayaan hari buku sedunia dengan hari valentine Katalan.

3. PANTAI BARCELONETA SALAH SATU PANTAI TERBAIK DI DUNIA
pantai Barceloneta
photo credit by: meet.barcelona.cat
Pesisir pantai Barcelona dulunya dipenuhi kawasan perindustrian yang padat dan kumuh, hingga pada tahun 1992 ketika kota Barcelona terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade, kawasan pantai tersebut dibersihkan dan dibenahi sehingga menjadi tempat wisata yang eksotik. Sekarang pantai Barceloneta tercatat sebagai pantai nomor satu dari sepuluh kota dengan pantai terbaik di dunia menurut National Geographic and Discovery Channel.

Barcelona memiliki tujuh obyek wisata disepanjang 4.5 kilometer garis pantai. Obyek wisata itu dilengkapi dengan fasilitas bar, restoran dan hotel yang selalu ramai dikunjungi turis mancanegara terutama saat musim panas tiba pada bulan Juli dan Agustus dimana suhunya mencapai 25 sampai 31°. Dengan iklim Mediterania yang hangat dan kering, menjadikan Barcelona tempat yang ideal untuk liburan pantai.



4. PEMBANGUNAN SAGRADA FAMILIA LEBIH LAMA DIBANDINGKAN PIRAMIDA DI MESIR
Sagrada Familia
photo credit by: independent.co.uk
Proses pembangunan Piramida besar Giza di Mesir hanya membutuhkan waktu 20 tahun dengan menggunakan teknologi dan peralatan kuno, sementara Sagrada Familia telah menghabiskan sekitar 200 ratus tahun dengan teknologi modern.

Pembangunan Gereja Katolik Sagrada Familia ini dimulai pada tahun 1882 oleh arsitek bernama Francisco Paula de Villar, sementara Gaudi mulai terlibat dalam proyek ini pada tahun 1883 setelah Francisco mengundurkan diri sebagai arsitek utama. Sejak Gaudi mengambil alih pembangunan Sagrada Familia ia menyesuaikan arsitektur dan konstruksi Sagrada Familia sesuai dengan ciri khasnya, yaitu menggabungkan gaya arsitektur Gothic dan Art Nouveau. Gaudi mendedikasikan seluruh hidupnya untuk proyek ini, hingga pada akhir hayatnya (1926), proyek ini sudah berjalan 75 persen.

5. KONTROVERSI DI BALIK MONUMEN COLUMBUS
monumen colombus
photo credit by: dreamguides.edreams.com
Monumen yang dibangun pada tahun 1888 ini menjulang setinggi 57 meter di pusat kota Barcelona. Di ujung monumen terdapat sebuah patung perunggu sosok Christopher Colombus setinggi 7 meter dengan mengenakan pakaian era abad 15 sambil berdiri diatas bola dunia yang bertuliskan tierra atau bumi. Dari atas platform monumen ini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kota Barcelona seperti pelabuhan Port Vell, pusat perbelanjaan Maremagnum dan jalanan La Ramblas.

Patung Colombus yang tangan kanannya menunjuk ke suatu arah, menjadi perdebatan dikalangan masyarakat Barcelona. Ada yang bilang tangan itu menunjuk ke arah Amerika, namun kenyataannya Amerika berada pada arah yang berlawanan. ada juga yang percaya kalau para penggagas monumen itu membuat patung menunjuk ke arah laut, menggambarkan prestasi Colombus. Pendapat lain bilang menunjuk ke arah India, yaitu tujuan awal yang ingin ia capai melalui jalur baru. Akhirnya, pendapat lain percaya kalau patung itu menunjuk ke arah Genoa, yang tidak lain adalah kampung halaman Christopher Colombus.

6. PRESTASI FC BARCELONA & MUSEUM KEBANGGAANNYA
FC Barcelona 2009
photo credit by: barcaforum.com
FC Barcelona juga dikenal dengan sebutan Barca, adalah salah satu klub sepak bola paling terkenal di Spanyol yang memiliki jutaan suporter di seluruh dunia. Pada tahun 2011, museum FC Barcelona di Camp Nou menjadi museum yang paling banyak dikunjungi di Kota Barcelona, dan museum nomor tiga di Spanyol dengan pengunjung lebih dari 1.62 juta orang.

FC Barcelona didirikan pada tahun 1899 oleh sekelompok pemain sepak bola asal Swiss, Inggris, Spanyol dan Catalan yang dipimpin oleh Joan Gamper. Pada tahun 2009, FC Barcelona meraih prestasi unik dimana mereka menjadi satu-satunya klub Eropa yang memenangkan setiap turnamen besar dalam setahun, yaitu: Liga Spanyol, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

7. FENOMENA LA RAMBLAS
La Ramblas Barcelona
photo credit by: independent.co.uk
La Ramblas atau La Ramblas Street adalah nama sebuah jalan sepanjang 2 kilometer di pusat kota barcelona yang letaknya di kuartal tua atau Gothic Quarter. Di sini pengunjung bisa menikmati keindahan kota barcelona dengan pemandangan kota yang dipenuhi pepohonan dan tempat-tempat menarik.

Jalan La Rambla nyaris tidak pernah sepi pengunjung baik siang maupun malam, lebih dari 150.000 orang setiap hari berlalu-lalang di sepanjang jalan ini. La Rambla merupakan titik temu dari 5 jalanan terpisah, yaitu; Rambla de Canaletes, Rambla dels Estudis, Rambla de Sant Josep, Rambla dels Caputxins dan Rambla de Santa Mònica.



8. KEUNIKAN DIBALIK BENTUK KOTA BARCELONA
peta kota barcelona
photo credit by: doggerel.arup.com
Para Arsitek dan pakar Planologi dari seluruh dunia datang melihat gaya arsiektur & tata kota Barcelona untuk mendapatkan inspirasi dan ide tentang konsep arsitektur kota modern. Kota Barcelona khususnya didistrik Eixample ditata dengan sistem grid yang dirancang oleh perencana kota bernama Ildefons Cerdà pada abad ke-19, dimana hampir semua blok memiliki sudut terputus, ide ini awalnya dirancang untuk menyesuaikan dengan sistem transportasi trem uap yang melayani seluruh kota namun rencana penggunaan trem itu batal diterapkan.

9. WISATA MISTIK DI 12 STASIUN BAWA TANAH
stasiun kereta di barcelona
photo credit by: my-globe.net
Keindahan kota Barcelona dan pertandingan sepak bola adalah alasan utama bagi wisatawan untuk datang berkunjung ke Barcelona. Namun, akhir-akhir ini wisata mistik menjadi populer dan menarik minat wisatawan. Di Barcelona ada 12 stasiun kereta bawah tanah yang sudah lama ditinggalkan, warga setempat meyakini stasiun tersebut dihuni oleh mahluk halus. 

Pada tahun 2011, sebuah agen perjalanan mengadakan "tour mistik" di stasiun bawah tanah yang melewati Lau Pau dan jalur Sagrada Familia. Saat mereka melintasi stasiun Gaudí  banyak peserta tour kaget dan bersumpah telah melihat bayangan dan bentuk hantu.

10. BARCELONA KOTA LEGAL GANJA
Negara di Dunia yang Legalkan Ganja
photo credit by: weedbarcelona.com
Spanyol adalah salah satu negara di dunia yang melegalkan ganja dan kota Barcelona menjadi tempat bagi 700-an klub ganja yang tersebar diseluruh penjuru kota, tak heran Spanyol sering disebut sebagai Holland of the South karena hampir setengah dari klub ganja di Spanyol berada di Barcelona. Bagi warga Barcelona yang ingin menikmati ganja, mereka harus memiliki status keanggotaan klub yang dikeluarkan oleh Asosiasi Ganja Barcelona atau Asociaciones de Cannabis en Barcelona.

0 Response to "10 FAKTA TENTANG KOTA BARCELONA SPANYOL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel