10 PENEMUAN BESAR DI LUAR ANGKASA

FaktaLeaks - Ruang Angkasa penuh dengan misteri dan hal-hal aneh yang tidak diketahui oleh manusia, ada begitu banyak pertanyaan tentang fenomena di alam semesta yang belum terpecahkan sampai saat ini, itulah sebabnya hampir setiap tahun Lembaga Riset dari seluruh dunia membuat program penelitian di luar angkasa untuk mengungkap misteri-misteri tersebut.

Sebelumnya sudah ada beberapa Penemuan di Luar Angkasa yang sempat mengundang decak kagum para ilmuwan dunia, seperti 55 Cancri e atau Planet Berlian, Black Hole Triplet atau tiga rangkaian Lubang Hitam dan kawah mirip wajah Mickey Mouse dipermukaan Merkurius bagian selatan. 

Dilansir dari situs space.com, berikut ini adalah 10 Penemuan Besar di Luar Angkasa.



10. NEBULA MATA DEWA
Nebula Helix
image source: en.wikipedia.org
Nebula Helix terbentuk dari campuran awan debu, helium, hidrogen dan gas. Nebula Helix juga disebut sebagai Eye of God atau Cat Eye Nebula. Letaknya sekitar 650 tahun cahaya dari bumi. Para astronom menggambarkan nebula ini seperti sebuah terowongan sepanjang triliun mil yang diterangi cahaya dengan beberapa bintang mati di bagian tengahnya.

9. AWAN HIMIKO
The Himiko Cloud
image source: dailygalaxy.com
Awan Himiko atau The Himiko Cloud adalah awan gas besar yang terletak di Cetus pada redshift z = 6.595 atau sekitar 12,9 miliar tahun cahaya dari Bumi. Awan ini salah satu objek besar yang pernah ditemukan di alam semesta, usianya mencapai 800 juta tahun setelah Big Bang. Ukuran Awan Himiko diperkirakan setengah dari ukuran galaksi Bima Sakti dan proses pembentukannya dikenal dengan nama the Giant Mystery Blob.

8. PERMUKAAN ES DI PLANET PLUTO
Pluto’s Ice
image source: usatoday.com
Sampai saat ini, suhu permukaan Pluto belum dikonfirmasi keakuratannya namun ada yang bilang sekitar 40 derajat Kelvin atau -233 derajat celcius, sedangkan sumber lain mengatakan -218 derajat celcius. Jika informasi tersebut benar maka suhu itu cukup untuk membuat es di Pluto lebih keras daripada baja. Misteri tentang permukaan Es Pluto atau Pluto’s Ice pertama kali diketahui dari foto-foto yang dikirim oleh pesawat antariksa New Horizons milik Nasa pada tanggal 14 Juli 2015, foto dengan resolusi tinggi itu diambil dari jarak 17.700 kilometer dan hasilnya lebih jernih dibandingkan dengan hasil jepretan Teleskop Hubble. Sejak diluncurkan pada 19 Januari 2006, New Horizons ditugaskan untuk melakukan pemetaan detail pada permukaan planet dan bulan Pluto sampai tahun 2026 mendatang.



7. KUMPULAN AIR TERBESAR DI ALAM SEMESTA
Universe’s Largest Water Reservoir
image source: nasa.gov
Pada akhir tahun 1950-an, sebuah tim astronom menemukan adanya kumpulan air terbesar di alam semesta, atau Universe’s Largest Water Reservoir. Letaknya sekitar 12 miliar tahun cahaya dari bumi dengan volume 140 triliun kali lebih banyak dari air di bumi, beratnya sama dengan 20 miliar kali berat matahari. Air itu mengambang dalam sebuah obyek yang disebut quasar dan berdekatan dengan Lubang Hitam Supermasif.

6. PENAMPAKAN ORANG DI MARS
Ini sebuah foto kiriman dari Mars Exploration Rover (MER), MER adalah robot penjelajah milik Nasa yang telah beroperasi sejak tahun 2003 di planet Mars. 
Ilmuwan Nasa menanggapi "dingin" hasil foto ini, mereka menganggap itu adalah ilusi optik dari bayangan batu, namun hal tersebut dibantah oleh seorang pengamat teleportasi bernama Andrew Basiago, yang mengklaim kalau foto itu adalah contoh kehidupan di Mars yang sebenarnya.
A Person of Mars
image source: relativelyinteresting.com

5. 
MEDAN LISTRIK BERTEGANGAN TINGGI

 The Largest Electrical Current in the Universe
image source: holographicgalaxy.blogspot.co.id
Tahun 2011 yang lalu, beberapa astronom melihat adanya semburan materi yang menghasilkan listrik berkekuatan 3 triliun ampere. Itu adalah arus listrik terbesar yang pernah ditemukan di alam semesta. Arus listrik tersebut menyembur dari pusat galaksi bernama 3C303 yang berjarak sekitar 2 miliar tahun cahaya dari bumi. Hasil temuan itu kemudian mereka terbitkan di The Astrophysical Journal Letters pada bulan Oktober 2011.

4. PLANET PEMBAKAR ES
Planet of Burning Ice
image source: tr.wikipedia.org
Gliese 436 b adalah sebuah planet "aneh". Seluruh permukaan planet ini dilapisi es tapi suhu disana mencapai 400 derajat celcius, itulah kenapa para astronom menjulukinya sebagai Planet of Burning Ice. Fenomena ini terjadi karena adanya efek gravitasi yang sangat tinggi sehingga menarik air ke dalam inti planet, membuat planet ini tetap padat dan tidak bisa menguap.



3. PECAHAN ASTEROID
Breakdown of Asteroid
image source: wired.com
Antara tahun 2013 sampai 2014, Untuk pertama kali dalam sejarah para astronom merekam kejadian luar biasa yang mereka sebut Breakdown of Asteroid atau hancurnya sebuah asteroid menjadi beberapa bagian. Teleskop Hubble merekam gambar-gambar tersebut selama 4 bulan. Potongan asteroid terbesar berukuran sekitar 12,8 kilometer.

2. FIREFOX STAR ATAU BINTANG FIREFOX
Firefox Star
image source: wired.com
Pada bulan Desember 2002, ilmuwan Nasa menganalisa puluhan foto hasil jepretan Teleskop Hubble, dalam foto-foto itu mereka menemukan sebuah Bintang Merah yang berjarak sekitar 20.000 tahun cahaya dari matahari dan mereka namakan Firefox Star. Alasan kenapa dinamakan Bintang Firefox karena, 4 bulan sebelumnya, tepatnya pada tanggal 23 September 2002, browser Firefox resmi diluncurkan ke publik dan Bintang Merah yang ditemukan itu sangat mirip dengan Logo Firefox.

1. LUBANG HITAM SUPERMASSIVE
Lubang Hitam Supermassive
image source: en.wikipedia.org
Pada bulan September 2014, ilmuwan Nasa menyatakan bahwa mereka menemukan Supermassive Blackhole terbesar yang pernah ditemukan di alam semesta. Lubang hitam ini di gambarkan seperti sebuah galaksi kecil yang sangat kompak dan memancarkan cahaya, galaksi itu diberi nama M60-UCD1. Menurut mereka, beratnya mencapai 21 juta kali lebih berat dari matahari.

Referensi:
  • Top 5 amazing space discoveries - bbc.co.uk
  • Out of This World! The Most Amazing Space Discoveries of 2016 - space.com
  • The biggest space discoveries of 2016 - news.com.au

0 Response to "10 PENEMUAN BESAR DI LUAR ANGKASA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel