10 FAKTA TENTANG JONRU GINTING

jonru ginting
FaktaLeaks - Jonru Ginting bukanlah nama baru dikalangan netizen, Akhir-akhir ini, sosok Jonru Ginting kembali menjadi sorotan publik terutama setelah ia tampil di acara ILC (Indonesia Lawyer Club) pada tanggal 20 Agustus 2017 yang dipandu oleh Karni Ilyas dengan mengangkat tema "Halal-Haram Saracen". Dalam acara tersebut, Jonru seakan "terjebak" dengan pertanyaan yang dilontarkan oleh Akbar Faisal terkait soal pernyataan Jonru tentang status Orang Tua dari Presiden Joko Widodo yang di unggahnya pada tanggal 8 Juli 2017 di laman facebook miliknya.
jonru ginting
photo credit: infoteratas.com
Jonru Ginting adalah seorang penggiat media sosial yang selama ini dikenal sangat kritis terhadap pemerintahan Joko Widodo, ia dinilai kerap mengeluarkan pernyataan-pernyataan kontroversial yang memicu perdebatan dikalangan netizen. Berikut ini kami telah merangkum 10 Fakta Tentang Jonru Ginting.



1. SIAPA JONRU GINTING?
jonru ginting
photo credit: infoteratas.com
Jonru Ginting bernama asli Jon Riah Ukur. Lahir di Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara, pada 7 Desember 1970, adalah seorang penulis, pelatih penulis, narablog, dan pengusaha yang dikenal karena usaha self publishing dapurbuku.com dan proyek Sekolah Menulis Online. Selain itu ia juga pendiri Penulislepas.com, Belajarmenulis.com, dan Ajangkita.

2. KEHIDUPAN PRIBADI
Jonru menikahi Hendra Yulianti pada tahun 2003 dan dikaruniai tiga orang anak masing-masing bernama Alifia Rasyida Ginting, Muhammad Syafiq Ibrahim Ginting, dan Hanna Meutia Hafizha Ginting. Ketika kecil, Jonru berpindah agama mengikuti keyakinan yang dianut oleh Ayahnya.

3. PENDIDIKAN
Jonru Ginting lulus dari Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang, tahun 1998.



4. KARIR DAN PEKERJAAN
jonru ginting
photo credit: kaskus.co.id
Awal tahun 2000 hingga Maret 2007, Jonru berstatus sebagai pekerja kantoran, bekerja secara berturut-turut di dua perusahaan Internet Service Provider dengan jabatan yang sama yaitu sebagain Content Editor.
Sejak tanggal 19 Maret 2007, Jonru memutuskan untuk full time sebagai entrepreneur, namun tanggal 7 November 2007 hingga 7 Januari 2008 sempat bekerja lagi di Penerbit Mizan, sebagai web administrator dan content manager di Mizan.com.

5. PRESTASI JONRU
jonru ginting
photo credit: bersamadakwah.net
Penghargaan yang Pernah Dicapai:
  • Pemenang I Lomba Cipta Cerpen Anita Cemerlang tahun 1994.
  • Juara Tahunan (Super Blog) Internet Sehat Blog Award 2009.
Karya Buku:
  • Novel Cinta Tak Terlerai (DAR! Mizan, 2005).
  • Kumpulan cerpen Cowok di Seberang Jendela (Lingkar Pena Publishing House, 2005).
  • Menerbitkan Buku Itu Gampang! (Tiga Serangkai, 2008. Segera terbit edisi revisi, terbitan Dapur Buku).
  • Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat (cetakan ke-4 oleh Dapur Buku, 2013).
  • Sekuler Loe Gue End (Dapur Buku, 2013), ditulis bersama Akmal Sjafril dan Abdurrahman Abu Aisyah.
  • Sembuh dan Sukses dengan Terapi Menulis (Cetakan ke-2 oleh Dapur Buku, 2013), ditulis bersama dr. Dito Anugoro, -Epri Tsaqib, dan lebih dari 90 penulis testimoni terapi menulis.
  • Pancasila, Apa Kabar? (Dapur Buku, 2013), ditulis bersama Edi Santoso dan para pemenang Lomba Menulis Blog -Pusaka Indonesia 2013.
  • Novel Cinta Tak Sempurna (Dapur Buku, 2014).

6. BENARKAH JONRU GINTING MUALLAF?
jonru ginting
photo credit: kompasiana.com
Tidak sedikit orang yang mempertanyakan status keyakinan Jonru, ada yang beranggapan kalau ia beragama Kristen namun hal itu dibantah tegas oleh Jonru dalam sebuah tulisan blog pribadinya yang berjudul Benarkah Jonru Muallaf?

"Sejujurnya saya tak pernah menganggap diri saya muallaf, karena dari segi kriterianya, saya bukan muallaf. Kenapa? Karena saya masuk Islam ketika usia 5 tahun. Ikut orang tua. Namanya anak kecil, tentu hanya ikut-ikutan. Yang asli muallaf adalah almarhum Ayah saya, karena beliau yang pertama kali dapat hidayah.

Saya tidak tahu bagaimana cerita detilnya, karena Ayah saya tidak pernah bercerita panjang lebar. Hanya cerita selintas. Sekarang beliau sudah berpulang, jadi saya tak mungkin lagi bertanya-tanya."



7. KATA KUNCI UNIK TENTANG "JONRU GINTING" DI MESIN PENCARI GOOGLE
Kata kunci "Jonru Ginting" sangat familiar di mesin pencari Google, hal ini disebabkan oleh rasa ingin tahu netizen tentang sosok Jonru Ginting dari berbagai macam aspek. Berikut ini adalah kata kunci "unik" tentang Jonru Ginting yang dikutip dari situs keywordtool.io
jonru ginting
photo credit: keywordtool.io

8. PENDUKUNG PRABOWO DAN PEMBENCI JOKOWI
jonru ginting
photo credit: boombastis.com
Dia juga berkecimpung dalam dunia politik. Ketika Pilpres 2014 dia adalah pendukung dari salah satu calon presiden waktu itu, Prabowo Subianto. Dirinya pun aktif dalam mengritik capres saingannya yang akhirnya menang, Joko Widodo. Dia memuja Prabowo dengan mendeskripsikan dirinya sebagai sosok yang apa adanya, down to earth, ramah dan santai. Meski begitu dia juga mengaku bahwa Jokowi memiliki kelebihan, yaitu mau bekerja.

Setelah pemilihan presiden 2014 tersebut selesai, Jonru jadi sasaran pengguna media sosial yang iseng. Mereka membuat nama Jonru seorang sebuah entry dalam KBBI. Artinya adalah “menjelekkan atau memfitnah orang lain”. Dua orang yang melakukan hal itu adalah Ahmad Sahal dan Rivan Heriyadi. Akibatnya, mereka berdua dilaporkan ke polisi atas tuduhan pencemaran nama baik.

9. JONRU GINTING di ILC
jonru ginting
photo credit: youtube.com/c/InfoA1
Akbar Faizal bertanya ke Jonru soal kebenaran postingannya yang mengatakan bahwa orangtua presiden Jokowi tidak jelas dan Jonru mengatakan "IYA" tanpa sadar bahwa di sampingnya duduk seorang perwira Polri yang juga hadir dalam acara tersebut. Begitu mendengar jawaban polos Jonru Ginting, Akbar Faisal pun langsung menyarankan Polisi agar menindaklanjuti "pengakuan" Jonru Ginting yang telah melakukan Penghinaan terhadap pak Jokowi.
Jonru Ginting dengan gelagapan mencoba mengelak dengan mengatakan bahwa Postingannya bukan merupakan "Hate Speech". Jonru pun langsung panik dan dengan suara cemprengnya ia tiba-tiba berteriak kalo dia tidak takut "dipolisikan". Padahal gestur tubuhnya memperlihatkan seperti orang yang sedang ketakutan. 

10. AKUN MEDIA SOSIAL JONRU GINTING
website : www.jonru.com
twitter : www.twitter.com/jonru
Facebook : www.facebook.com/jonru.page
Instagram : www.instagram.com/jonruginting

Referensi:
https://jonru.com/about/
https://id.wikipedia.org/wiki/Jonru
https://profil.merdeka.com/indonesia/j/jonru-ginting/
http://www.infoteratas.com/2017/08/nyesel-hadiri-ilc-jonru-ginting.html

0 Response to "10 FAKTA TENTANG JONRU GINTING"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel