Sunday, June 4, 2017

10 MINUMAN SEGAR DINGIN PALING NIKMAT UNTUK BERBUKA PUASA

FaktaLeaks - Momen yang paling di tunggu-tunggu saat menjalankan Ibadah Puasa adalah waktu Berbuka Puasa, pada titik ini umat Muslim yang perpuasa akan melepaskan haus dan dahaga setelah seharian penuh tidak makan dan minum. Salah satu pilihan utama dalam menu buka puasa yaitu Minuman Segar Dingin dan Manis, selain menghilangkan haus juga dapat memulihkan tenaga yang loyo. Dilansir dari situs dapurzahra.com,Berikut ini adalah 10 Minuman Segar Dingin Paling Nikmat Untuk Berbuka Puasa.




1. ES PISANG IJO
foto Es Pisang Ijo
source: toko-buahsegar.blogspot.co.id
Es Pisang Ijo atau Pisang ijo adalah makanan khas dari Sulawesi Selatan, terutama di kota Makassar. Makanan ini berbahan utama dari pisang matang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau lalu dimasak dengan cara dikukus, kemudian disiram dengan sirup dan santan. Kalau urusan rasa es pisang ijo tak perlu ditanya kenikmatannya, sangat cocok dinikmati saat buka puasa, dijamin pasti tenggorokan Anda seger kembali.

2. ES BUAH
foto Es Buah
source: rajaresep.com
Es Buah adalah minuman dingin dan manis yang terbuat dari potongan buah-buahan seperti melon, blewah, nanas, pepaya, nangka, mangga, semangka, lengkeng dan kolang kaling, dicampur dengan es serut atau es batu, dan dipermanis dengan gula cair, sirup dan susu kental. Jenis bahan lain yang digunakan dalam makanan penutup ini bisa di variasi dengan agar-agar dan jeli rumput laut.

3. ES OYEN
foto Es Oyen
source: bacaterus.com
Es Oyen merupakan salah satu minuman khas yang menyegarkan dari kota kembang Bandung. Berbeda dengan es campur pada umumnya, minuman yang satu ini memiliki rasa manis dan segar yang pas. Rasa nikmat tersebut berasal dari potongan nangka, kolang-kaling, alpukat, kelapa muda, pacar cina, susu kental manis, serutan es, dan lain-lain.



4. ES DAWET AYU
foto Es Dawet Ayu
source: bukuresep.net
Es Dawet Ayu adalah minuman khas dari Kabupaten Banjarnegara. Es ini mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional, rasanya yang lezat, segar dan manis menjadikannya sebagai minuman recommended untuk berbuka puasa.

5. ES KACANG MERAH
foto Es Kacang Merah
source: tokomesin.com
Es Kacang Merah adalah minuman yang menggunakan kacang merah sebagai bahan dasar dan beberapa bahan tambahan lainnya seperti cokelat, susu dan vanili. Selain sebagai pelepas dahaga, es kacang merah ini memiliki kandungan gizi yang tinggi antara lain protein, amilum, azat besi, selenium, serat, potassium, vitamin B6 dan berbagai senyawa aktif lainnya.

Baca Juga: 10 MENU BERBUKA PUASA PALING ENAK DARI BERBAGAI NEGARA ASIA

6. ES CENDOL
foto Es Cendol
source: resephariini.com
Cendol merupakan minuman khas Sunda yang disajikan dengan es parut, gula merah cair dan santan sehingga menghasilkan rasa yang manis dan gurih. Cendol dibuat dengan cara menuangkan adonan panas ke dalam cetakan khusus cendol, lalu kemudian ditekan-tekan hingga membentuk bulatan memanjang. Es cendol hampir mirip dengan Es dawet, perbedaan mendasarnya adalah Es cendol berasal dari tanah sunda Bandung sedangkan Es dawet berasal dari Banjarnegara Jawa Tengah. Perbedaan lainnya yaitu pada bahan dasar, es cendol dulunya terbuat dari tepung hunkwe, sedangkan bahan dasar es dawet dulunya terbuat dari tepung beras, tepung beras ketan dan tepung sagu aren.

7. ES KOPYOR
foto Es Kopyor
source: kesdoe.com
Setelah menjalankan puasa sehari penuh, minum Es Kopyor segar adalah suatu hal yang sangat nikmat untuk menyejukkan tenggorokan yang kering. Es kopyor adalah sajian minuman es segar dari campuran bahan seperti santan, agar, sirup, dan susu. Kopyor adalah istilah dari buah kelapa yang mengalami kelainan genetik, ciri kelainannya yaitu daging buah yang empuk dan mudah terlepas dari tempurungnya.



8. ES PLERET
foto Es Pleret
source: tokomesin.com
Es Pleret Khas Blitar adalah salah satu minuman manis dan segar pelepas dahaga yang selalu dinantikan saat berbuka puasa. Sekilas, Es pleret mirip dengan Es Dawet namun yang membuat Es Pleret ini unik adalah “Pleret”nya, yang berupa bola-bola kecil mirip bakso dimana didalamnya terisi gula. Minuman ini akan memberikan pengalaman baru bagi Kamu yang belum pernah mencobanya. Ketika dikunyah, pleretnya akan pecah dan sensasi manisnya akan membuat kamu terus ketagihan.

9. ES SELENDANG MAYANG
foto Es Selendang Mayang
source: resep4.blogspot.com
Es selendang mayang adalah salah satu minuman tradisional dari ibukota Jakarta. Selain menyegarkan, minuman ini juga bisa mengurangi rasa lapar karena dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras. Saat ini Es selendang mayang mulai jarang ditemukan karena dikalangan masyarakat Betawi sendiri menganggap minuman ini adalah minuman kuno.

10. ES KOLAK PISANG
foto Es Kolak Pisang
source: kepo-net.blogspot.co.id
Es Kolak pisang merupakan menu yang banyak dicari saat bulan puasa seperti saat ini. Teksturnya yang lembut dan disajikan bersama kuah yang manis dan segar merupakan jawaban yang tepat sebagai penghilang rasa haus. Perlu diketahui juga bahwa selama berpuasa seharian penuh tubuh kita memproduksi enzin yang lebih sedikit sehingga sistem pencernaan tubuh mesti beradaptasi secara perlahan, Es kolak pisang bisa menyesuaikan dengan sistem pencernaan Kamu.