10 MENU KHAS BERBUKA PUASA DARI BERBAGAI NEGARA ASIA

FaktaLeaks - Buka puasa adalah hal yang paling dinantikan oleh umat muslim yang sedang menjalankan Ibadah Puasa setelah seharian penuh menahan haus dan lapar. Di Indonesia memiliki beraneka ragam menu khas Buka Puasa dari berbagai daerah, seperti Pisang Ijo dari makassar, Colenak dari bandung, Ruti Seu’oep dari Aceh dan lain-lain. Dilansir dari situs Dapur Zahra (10/07/2015), Berikut ini adalah ulasan tentang 10 Menu Khas Berbuka Puasa Dari Berbagai Negara Asia.



10. ARAB - Kurma dan Susu
Kurma dan Susu
 photo credit: aklat.net 
Sudah menjadi tradisi di Arab Saudi mengkonsumsi Kurma kering dan Susu karena merupakan makanan sunah dan menu wajib untuk dikonsumsi saat Berbuka Puasa. Orang Arab biasanya masukkan kurma ke dalam susu selama satu malam, untuk disantap ketika berbuka puasa keesokkan harinya.

9. PAKISTAN - Samosa
Samosa
photo credit: youtube.com/watch?v=iIVJN0Yz1Y0
Ada beberapa macam makanan khas berbuka puasa yang menjadi tradisi umat muslim di Pakistan, salah satu makanan khas mereka adalah Samosa. Jika dilihat dari tampilannya, Samosa ini seperti pangsit goreng tapi berbentuk segitiga. isian dalamnya memakai kentang rebus yang sebelumnya telah diberi bumbu-bumbu kemudian dicampur dengan kapri, sayuran dan bawang bombay. Setiap bulan puasa tiba, Samosa paling banyak dijual di Pakistan.

8. MESIR - Medames
Medames
photo credit: todaywomenhealth.com/Topic/28363
Medames adalah salah satu menu buka puasa kesukaan orang Mesir, Medame terdiri dari kacang sebagai bahan utama ditambah dengan minyak sayur, peterseli, bawang merah, bawang putih dan air lemon. Pada hari-hari biasa, Medames biasanya disajikan sebagai menu sarapan, namun ketika bulan Ramadan, makanan ini disajikan sebagai menu utama berbuka puasa.



7. INDIA - Hyperabad Haleem & Pakora
Hyperabad Haleem
photo credit: youtube.com/watch?v=2PsQ0A_rsaY
Pakora
photo credit: mykitchenmydishofficial.com
Selama bulan Ramadan, Hyperabad Haleem dan Pakora merupakan menu favorit buka puasa di India. Hyperabad Haleem adalah makanan sejenis bubur yang dicampur dengan potongan-potongan daging domba, sedangkan Pakora adalah sejenis gorengan yang dicampur dengan berbagai macam bahan seperti daging ayam, kentang, tomat, bawang, terong, brokoli dan bayam. 

6. MAROKO - Sup Harira

Sup Harira
photo credit: taste.com.au
Menu khas dari Maroko adalah Sup Harira, makanan ini memiliki kandungan gizi cukup tinggi karena terbuat dari bahan-bahan campuran cincangan daging domba, chickpea, tomat dan rempah-rempah. Selain di Maroko, Sup Harira juga makanan berbuka puasa yang paling disukai oleh umat muslim di wilayah Afrika Barat.

5. MALAYSIA – Nasi Lemak
Nasi Lemak
photo credit: says.com
Sebagai negara serumpun, Malaysia juga memiliki beraneka ragam menu khas berbuka puasa seperti Percek Ayam, Nasi Ayam dan Sate, namun menu yang paling terkenal yaitu Nasi Lemak. Sebenarnya Nasi Lemak ini adalah santapan harian bagi warga Malaysia sehingga makanan mudah ditemukan kapan saja selain bulan puasa.

4. YORDANIA - Mansaf dan Qatayef
Mansaf
photo credit: migrationology.com
Qatayef
photo credit: fatisrecipes.wordpress.com
Mansaf dan Qatayef adalah dua menu berbuka puasa paling favorit di Yordania. Mansaf yaitu makanan yang terbuat dari daging domba dan dibumbui beragam rempah-rempah khas Yordania yang memiliki kelezatan khas. Sedangkan Qatayef adalah makanan seperti pancake yang terbuat dari adonan kacang kenari, gula dan kayu manis, serta dilengkapi dengan madu di atasnya.



3. SRI LANKA - Kothu Paratta
Kothu Paratta
photo credit: sailusfood.com
Kothu Paratta adalah makanan khas penduduk Asia Selatan khususnya di Sri Lanka. Kothu Paratta terbuat dari roti paratta yang dicincang kemudian di masak dengan campuran telur, daging, sayuran dan bumbu bernama saus salna, yaitu bumbu yang mirip saus pedas dan merupakan bumbu khas dari Asia Selatan. Jika di Indonesia nasi dijadikan sebagai makanan pokok maka Kothu Paratta adalah makanan pokok bagi penduduk di Sri Lanka.

2. IRAK – Fesenjan
Fesenjan
photo credit: twitter.com/search?q=%23fesenjan
Menu khas berbuka puasa di Irak adalah Fesenjan. Dilansir dari Wikipedia, sejarah makanan ini terbuat dari kaldu ayam yang di campur dengan daging domba giling atau ikan. Pada salah satu varian Fesenkan tidak menggunakan bahan daging sama sekali, rasa dari masakan ini sendiri terdiri dari bermacam variasi, ada yang manis dan ada juga yang asam, sesuai dengan bahan serta cara memasaknya. Fesenjan biasanya di sajikan bersama Polo dan Chelo atau nasi putih dan nasi kuning khas Persia. Konon Fesenjan akan lebih nikmat ketika di diamkan selama satu hari.

1. KOREA SELATAN – Chapchae
Chapchae
photo credit: korea.panduanwisata.id
Umat muslim di korea selatan juga melaksanakan ibadah puasa dengan ciri khas menu buka puasa yang berbeda. Menu favorit disana yaitu Chapchae yang terbuat dari mie tepung singkong dan ditumis bersama beberapa jenis sayuran antara lain wortel, bayam atau jamur yang diiris memanjang tipis kemudian diberi gula dan kecap. Chapchae ini terasa lebih nikmat jika konsumsi dengan nasi dan ditambahkan irisan cabe.

0 Response to "10 MENU KHAS BERBUKA PUASA DARI BERBAGAI NEGARA ASIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel