Sunday, May 21, 2017

10 UNIVERSITAS TERBAIK YANG TELAH MELAHIRKAN ORANG ORANG PALING BERPENGARUH DI DUNIA

FaktaLeaks - Kita sering mendengar tentang tokoh-tokoh besar seperti, Albert Einstein, Isaac Newton dan Charles Darwin atau para mantan pemimpin dunia seperti Bill Clinton, Barrack Obama dan Kiichi Miyazawa namun tidak sedikit dari kita yang mengetahui tentang latar belakang pendidikan akademik mereka. Berikut kami telah merangkum 10 Universitas Terbaik Yang Telah Melahirkan Orang Orang Paling Berpengaruh Di Dunia.




10. Universitas Yale
Universitas Yale
Universitas Yale
Lokasi: Connecticut, Amerika Serikat
Alumni:
1. Bill Clinton, mantan Presiden AS 
2. Bing Gordon, salah satu pendiri Electronic Arts 
3. Ernest Lawrence, Penerima Nobel Fisika 1939
Universitas Yale didirikan pada tahun 1701 dan menjadi institusi pendidikan tinggi tertua ketiga di Amerika Serikat, Yale menerapkan sistem penerimaan mahasiswa baru yang tidak lazim dibandingkan dengan universitas lainnya, mereka hanya menerima kurang dari 10% pendaftar. Ada 1100 tenaga pengajar yang melayani 6.000 mahasiswa dan 6100 mahasiswa pascasarjana. Universitas Yale telah menghasilkan banyak tokoh penting termasuk 5 Presiden AS dan 19 hakim agung AS.

9. Universitas Tokyo
Universitas Tokyo
The University of Tokyo
Lokasi: Tokyo, Jepang
Alumni:
1. Kiichi Miyazawa, mantan Perdana Menteri 
2. Kunihiko Kodaira, Penerima Nobel dalam bidang matematika tahun 1954 
3. KĊtaishihi Masako, putri mahkota jepang
Universitas Tokyo didirikan pada era pemerintahan Mutsuhito (kaisar Jepang ke-122) pada tahun 1877 setelah dilakukan penggabungan beberapa perguruan tinggi negeri saat itu. Universitas Tokyo mempunyai kampus di lima kota yaitu, Shirokane, Komaba, Hongo, Kashiwa, dan Nakano. Universitas ini terdiri dari 10 fakultas dengan total sekitar 28.000 mahasiswa dan 2.100 di antaranya adalah mahasiswa asing. Tercatat telah 15 Perdana Menteri Jepang adalah alumni dari Universitas Tokyo.

8. Universitas California Los Angeles (UCLA)
Universitas California Los Angeles UCLA
University of California, Los Angeles (UCLA)
Lokasi: Los Angeles, Amerika Serikat
Alumni:
1. Carol Burnett, medali kebebasan Presiden pada tahun 2005 
2. Louis Ignarro, Penerima Nobel bidang kedokteran tahun 1998 
3. Leonardo DiCaprio, aktor 
UCLA adalah sebuah universitas riset publik yang terletak di Westwood di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Universitas ini menawarkan lebih dari 300 program sarjana dan pascasarjana dalam berbagai disiplin ilmu, dengan jumlah pendaftaran mencapai 26.000 mahasiswa dan 13.000 mahasiswa pascasarjana dari seluruh dunia, menjadikan UCLA sebagai salah satu Universitas Terbesar Di Dunia.



7. Universitas Princeton
Universitas Princeton
Universitas Princeton
Lokasi: New Jersey, Amerika Serikat
Alumni:
1. James Madison, mantan Presiden AS 
2. Jeff Bezos, CEO Amazon 
3. Jimmy Stewart, aktor Amerika
Universitas Princeton didirikan pada tahun 1746, terletak di Princeton, New Jersey, adalah Perguruan Tinggi Tertua keempat di Amerika Serikat. Universitas ini Menyediakan program sarjana dan pascasarjana dalam bidang ilmu arsitektur, teknik, dan hubungan internasional. Telah Banyak hasil riset penting yang lahir dari universitas ini termasuk fisika plasma dan propulsi jet. Tercatat ada 37 orang alumninya yang pernah menerima penghargaan Nobel.

6. Universitas Stanford
Universitas Stanford
Stanford University
Lokasi: Stanford, California, Amerika Serikat
Alumni:
1. William Hewlett dan David Packard, pemilik HP 
2. Elon Musk, pendiri PayPal 
3. Phil Knight, pendiri Nike
Universitas Stanford adalah sebuah universitas swasta yang terletak kira-kira 60 kilometer di tenggara San Francisco dan kira-kira 30 km di timur laut San Jose. 
Sejak didirikan pada tahun 1891 Universitas ini telah melahirkan 52 pemenang Hadiah Nobel, 30 milyarder dan 17 astronaut. Beberapa alumni Stanford adalah bos dari perusahaan-perusahaan terkemuka dunia termasuk Google, Hewlett-Packard, Nike, Sun Microsystems, dan Yahoo!.

Baca Juga: 10 ILMUWAN TERKENAL DI DUNIA YANG HASIL KARYANYA TIDAK DIHARGAI

5. Universitas California, Berkeley
Universitas California, Berkeley
University of California, Berkeley
Lokasi: Berkeley, California, Amerika Serikat.
Alumni:
  1. Gordon Moore, pendiri Intel
  2. Daniel Kahneman, Penerima Nobel bidang Ekonomi tahun 2002
  3. Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple Inc.
Didirikan pada 1868, Berkeley menikmati zaman keemasan dalam ilmu fisika, kimia, dan biologi pada awal 1900-an, universitas ini terdepan dalam pengembangan cyclotron pertama oleh Ernest O. Lawrence, isolasi virus polio manusia, dan banyak menemukan unsur-unsur kimia termasuk plutonium, berkelium, dan californium.
Pada tahun 1960-an kampus ini juga terkenal karena melahirkan Gerakan Kebebasan Berbicara dari protes para mahasiswanya dalam menentang keterlibatan Amerika di Perang Vietnam.

4. Universitas Oxford
Universitas Oxford
University of Oxford
Lokasi: Oxford, Inggris
Alumni:
1. David Cameron, mantan Presiden Inggris 
2. Indira Gandhi, mantan Perdana Menteri India 
3. Tim Berners Lee, penemu World Wide Web
Tidak ada data yang tahu pasti tentang tanggal pendirian Universitas Oxford namun diketahui bahwa perkuliahan pertama kali dimulai sejak tahun 1096, itu artinya bahwa Universitas Oxford tercatat sebagai Universitas Tertua di Dunia (berbahasa Inggris).
Universitas ini memiliki sistem Perpustakaan Terbesar di Inggris dengan lebih dari 11 juta buku yang dimiliki menjadikannya sebagai perpustakaan terbesar kedua di Britania Raya setelah British Library. Menurut lembaga peringkat universitas dunia Times Higher Education tahun 2012, Oxford adalah salah satu dari enam Universitas Paling Bergengsi Di Dunia.



3. Universitas Cambridge
Universitas Cambridge
University of Cambridge
Lokasi: Cambridge, Inggris
Alumni:
1. Stephen Hawking, pelopor Mekanika Kuantum 
2. Isaac Newton, pelopor Newtonian mechanics 
3. Charles Darwin, pelopor teori evolusi manusia
Universitas Cambridge adalah universitas riset publik, didirikan pertama kali pada tahun 1209 dan merupakan Universitas Tertua ke 2 di Dunia (berbahasa inggris). Tidak mudah untuk menjadi mahasiswa Universitas Cambridge, karena harus melalui serangkaian proses dan persyaratannya yang paling ketat di Dunia. Saat ini tercatat ada 88 orang penerima Hadiah Nobel merupakan alumni dari Universitas ini.

2. Massachusetts Institute of Technology
Massachusetts Institute of Technology
Massachusetts Institute of Technology
Lokasi: Cambridge, Amerika Serikat
Alumni:
1. Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel, periode 2009 - sekarang
2. Kofi Annan, Mantan Sekjen PBB periode 1997-2006
3. Buzz Aldrin, Astronot Apollo 11
Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah sebuah universitas riset swasta yang didirikan pada tahun 1861 dengan motto "Mind and hand". MIT memiliki 5 sekolah, 1 perguruan tinggi dan 32 lembaga pendidikan, beberapa diantaranya 
yang paling terkenal adalah Lincoln Laboratory, Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory, Media Lab, Whitehead Institute dan Sloan School of Management. 59 orang dari alumni MIT telah memenangkan Penghargaan Nobel.

1. Universitas Harvard
Universitas Harvard
Harvard University
Lokasi: Cambridge, Amerika Serikat
Alumni:
1. John Adams, Presiden Amerika Serikat 
2. Bill Gates, pendiri Microsoft 
3. Barack Obama, Presiden Amerika Serikat ke 44
4. Mark Zuckerberg, pendiri Facebook
Universitas Harvard didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Dulunya bernama New College, dan pada 13 Maret 1639 dirubah menjadi Harvard College untuk menghormati pendirinya, John Harvard. Universitas yang memiliki 9 fakultas ini memiliki dana abadi sebesar USD 36.4 milyar pertahun yang menobatkannya sebagai Universitas Terkaya Di Dunia.