Tuesday, May 30, 2017

10 MASJID PALING CANTIK DI ASIA DAN BERNILAI SEJARAH TINGGI

FaktaLeaks - Pada hakikatnya, Masjid adalah tempat bagi umat Islam untuk bersujud dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ketika berada dalam sebuah Masjid, kita akan merasakan ketenangan dan kedamaian yang tak ada bandingnya. Saat ini hampir disetiap tempat dibelahan dunia terdapat bangunan Masjid, hal itu tidak lepas dari perkembangan dalam dunia Islam yang semakin pesat. 
Berikut ini adalah 10 Masjid paling cantik di Asia yang bernilai sejarah tinggi.




10. Masjid Sultan Ahmed, Istanbul - Turki
Masjid Sultan Ahmed
Masjid Sultan Ahmed atau dikenal juga dengan sebutan Masjid Biru, adalah sebuah Masjid di Istanbul Turki dan merupakan ibukota Kesultanan Utsmaniyah. Disebut Masjid Biru karena pada masa lalu interiornya serba berwarna biru. Masjid ini dibangun pada tahun 1609 dan 1616 atas perintah dari Sultan Ahmed I, yang kemudian namanya di jadikan nama Masjid tersebut. Masjid ini terletak di kawasan kota tua Istanbul di mana pada masa sebelum tahun 1453 tempat ini merupakan pusat Konstantinopel atau ibukota Kekaisaran Bizantium.

9. Masjid Zahir, Kedah - Malaysia
Masjid Zahir
Masjid Zahir yang berlokasi di pusat Alor Setar ini adalah salah satu mahakarya arsitektur islami khas Melayu di Kedah. Masjid yang dibangun pada tahun 1912 ini merupakan salah satu Masjid tertua di Malaysia. Rancangannya terinspirasi dari gagasan mendiang Sultan Muhammad Jiwa Zainal Abidin II yaitu Lima buah kubah hitam besar yang melambangkan Lima Rukun Islam.

8. Masjid Umayyah, Damaskus - Suriah
Masjid Umayyah
Masjid Umayyah atau Masjid Agung Damaskus ini dibangun sejak zaman Khalifah Al Walid bin Abdul Malik pada tahun 715 M dan menjadi saksi bisu dari perkembangan kekhalifahan Islam. Masjid Umayyah adalah sebuah Masjid pertama di dunia yang memiliki bangunan menara secara permanen dan menjadikannya sebagai bagian utama dari arsitektur Masjid. 
Ada satu hal yang menarik dari Masjid ini yaitu Menara Isa Almasih yang diyakini oleh sebagian besar umat Islam sebagai tempat turunnya Nabi Isa AS kembali ke dunia pada akhir zaman untuk menumpas Dajjal. Keyakinan itu muncul karena gambaran menara Isa Almasih pernah disebutkan dalam hadist Rasulullah SAW, Shahih Muslim, Kitab Al-Fitan wa asyrathis sa'ah, Bab Dzikr Ad-Dajjal 18:67-68, Aus bin Aus Ats-Tsaqafi Meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW mengatakan. Isa bin Maryam akan turun di menara putih sebelah timur dari kota Damaskus.



7. Masjid Shah Faisal, Islamabad - Pakistan
Masjid Shah Faisal
Masjid Shah Faisal yang terkenal sebagai salah satu Masjid terbesar di dunia ini terlihat agung dan megah dengan pilar-pilar beton raksasa serta menara-menaranya yang menjulang tinggi. desainnya terinspirasi dari filosofi tenda khas suku Baduy Arab yang dipadukan dengan gaya arsitektur Islam kontemporer. Pembangunan Masjid dimulai pada tahun 1976 atas prakarsa dari Raja Saudi saat itu Raja Faisal bin Abdul Aziz dengan menghibah dananya sebesar Rp.1.56 triliun.

6. Masjid Muhammad Ali Pasha, Kairo - Mesir
Masjid Muhammad Ali Pasha
Masjid Muhammad Ali Pasha atau dikenal dengan nama Masjid Alabaster terletak di dalam Benteng kota Kairo-Mesir. Sesuai dengan namanya, Masjid ini di bangun atas perintah Muhammad Ali Pasha (pendiri Mesir modern) antara tahun 1830 sampai 1848 untuk mengenang putra tertua Muhammad Ali yaitu Tusun Pasha yang meninggal pada tahun 1816. Masjid ini dijadikan salah satu landmark dan tujuan wisata di kota Kairo dan merupakan salah satu ikon pertama yang terlihat jelas ketika kita mendekati kota dari segala penjuru.

Baca Juga:
10 MITOS PUASA RAMADHAN YANG MUNGKIN PERNAH KAMU ALAMI


5. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh – Indonesia
Masjid Raya Baiturrahman
Saat zaman Kesultanan Aceh Darussalam, Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu pusat belajar agama Islam yang didatangi oleh umat muslim dari seluruh dunia. Masjid ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 dan sempat dihancurkan Belanda tahun 1873 namun empat tahun kemudian Belanda memutuskan untuk membangunnya kembali. Saat gelombang tsunami menerjang Aceh tahun 2004, Masjid ini menjadi bukti kebesaran Allah yang melindunginya dari bencana maha dahsyat yang pernah terjadi dalam sejarah dunia, Masjid ini tetap berdiri kokoh tanda mengalami kerusakan yang berarti.

4. Masjid Agung Xi'an, Xi'an - Cina
Masjid Agung Xi’an
Masjid Agung Xi’an di bangun tahun 742 tepatnya pada tahun pertama pemerintahan Kaisar Tia Bo dari dinasti Tang (618-907). Masjid Agung Xi'an ini disebut-sebut sebagai Masjid Tertua di China. Gaya arsitektur Masjid ini hampir menyerupai sebuah kelenteng namun ornamennya lebih didominasi nuansa Islami. Pada tahun 1998 pemerintah China menetapkan bangunan Masjid Agung Xi’an sebagai situs warisan sejarah China.




3. Masjid Al Nabawi, Madinah - Arab Saudi
Al-Masjid an-Nabawi
Masjid Nabawi atau Al-Masjid an-Nabawi adalah Masjid yang didirikan langsung oleh Nabi Muhammad. Masjid yang berlokasi di pusat kota Madinah Arab Saudi ini merupakan Masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam dan sampai sekarang menjadi salah satu Masjid terbesar di dunia sekaligus tempat paling suci kedua dalam agama Islam setelah Masjidil Haram di Mekkah. Masjid Nabawi sebenarnya adalah bekas rumah Nabi Muhammad yang ditinggalinya setelah Hijrah ke Madinah pada tahun 622.

2. Masjid Al Aqsa, Yerusalem - Palestina
Masjid Al-Aqsa
Masjid Al-Aqsa secara harfiah diartikan sebagai Masjid Terjauh, adalah salah satu tempat suci ketiga bagi umat Islam. Masjid ini merupakan bagian dari kompleks Al-Haram Asy-Syarif atau kompleks bangunan-bangunan suci dan bersejarah di Kota Lama Yerusalem Timur. Di dalam kompleks ini terdapat Kubah Batu yang dikenal dengan nama Kubah Shakhrah atau dalam bahasa inggris disebut Dome of the RockUmat Islam meyakini bahwa Nabi Muhammad di angkat ke Sidratul Muntaha dari tempat ini dimana sebelumnya dibawa dari Masjid Al-Haram di Mekkah ke Al-Aqsa dalam peristiwa Isra' Mi'raj.

1. Masjid Al Haram, Mekkah - Arab Saudi
Masjidil Haram
Masjid al-Haram adalah sebuah Masjid yang berlokasi di pusat kota Mekkah yang dianggap sebagai tempat paling suci bagi umat Islam seluruh dunia. Masjid ini merupakan tujuan utama dalam ibadah haji. Masjid al-Haram dibangun mengelilingi Ka'bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah Salat. Dengan luas keseluruhan mencapai 356.800 m2 dan dapat menampung 2 juta jamaah, menjadikan Masjid al-Haram sebagai Masjid terbesar di dunia.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_largest_mosques
http://www.ranker.com/list/famous-mosques-in-asia/brianplatz
http://www.wonderslist.com/10-most-beautiful-mosques-in-the-world