10 FAKTA TENTANG HARI PASKAH YANG PERLU ANDA KETAHUI

telur paskah
Telur Paskah
FaktaLeaks – Paskah Itu Apa? Paskah adalah hari besar dalam liturgi tahunan umat Kristen, Bagi umat Kristen Arti Paskah adalah untuk memperingati penderitaan, kematian dan kebangkitan Yesus Kristus. Berikut adalah 10 Fakta tentang Hari Paskah yang perlu Anda ketahui:

1. PENENTUAN TANGGAL HARI PASKAH
Hari raya Paskah biasanya dirayakan pada akhir bulan Maret sampai akhir bulan April atau mulai awal bulan April sampai awal bulan Mei setiap tahunnya, tergantung kepada siklus bulan. Saat ini semua gereja telah penetapan hari Paskah jatuh pada hari Minggu pertama setelah Bulan Purnama Paskah, yaitu bulan purnama pertama pada hari keempat belas.


2. TRADISI PASKAH UMAT YAHUDI
Perjamuan Paskah menurut pola turun-temurun Yahudi dilaksanakan dalam setiap rumah tangga Yahudi. Ciri khas perjamuan Paskah orang Yahudi ini minum empat cawan anggur (Ibrani, AYIN) sebagai makna melambangkan empat kerajaan dunia dimana hal ini diatur dalam Talmud Yerusalem Pesakhim 37c, Midrasy Genesis Raba 70. Ciri khas lainnya adalah, makan secara bersandar menurut cara orang-orang mapan dan kaya yang artinya melambangkan kemerdekaan umat Yahudi dari perbudakan bangsa Mesir.

3. PERSIAPAN HARI PASKAH
Menurut beberapa sumber, 40 persen anak-anak umat Kristen telah mempersiapkan telur Paskah dan coklat sebelum perayaan Minggu Paskah dimulai. Banyak diantara mereka yang tidak sabar menunggu hari perayaan itu.





4. ISTILAH “TELUR PASKAH”
Istilah “Telur Paskah” mulai dipakai dalam bahasa Inggris pada tahun 1825, dan coklat telur pertama diperkenalkan pada tahun 1880.

5. TRADISI SALING TUKAR TELUR
10 Fakta tentang Hari Paskah yang perlu Anda ketahui
Saling tukar telur melambangkan kelahiran kembali dalam budaya Yahudi, telur berkaitan dengan kehadiran atau lahirnya matahari baru. Pada abad pertengahan, Telur Paskah biasanya direbus dengan bawang mentah agar mendapatkan warna emas pada kulit telur.

6. KELINCI PASKAH
Kelinci Paskah berasal dari kepercayaan bahwa binatang kesukaan Dewi Eostre adalah kelinci. Dalam budaya Yahudi, kelinci melambangkan cinta, pertumbuhan, dan kesuburan.

7. KEGIATAN HARI PASKAH
Ada bermacam kegiatan yang dilakukan saat Hari Paskah diantaranya adalah Lomba menggelinding telur yang banyak dilakukan di Negara Eropa dan juga di negara-negara timur tengah seperti Irak, Suriah dan Iran. Dalam permainan ini, telur direbus hingga keras dan digelindingkan di lapangan atau bukit untuk saling diadu. Telur yang tidak retak hingga akhir dinyatakan sebagai telur kemenangan.



8. TELUR PASKAH TERBESAR
Telur Paskah Terbesar di dunia dibuat pada tahun 2005, telur tersebut memiliki tinggi 8,5 meter dan membutuhkan waktu 525 jam untuk membuatnya. Pada tahun 2012, Argentina juga menciptakan telur Paskah seberat empat ton. 

9. TELUR PASKAH TERMAHAL
Pada tahun 1913 seorang seniman Prancis membuat Paskah dengan dihiasi 3000 berlian dan dipadukan dengan bahan Kristal yang tembus pandang. Telur Termahal ini di banderol seharga US$ 6 Juta.

10. SAKIT SETELAH MERAYAKAN PASKAH
Hampir 20% anak-anak di Eropa jatuh sakit setelah merayakam Hari Paskah, hal ini disebabkan karena anak-anak tidak bisa menahan nafsu makannya sehingga mereka terlalu banyak makan coklat dan telur.

1 Response to "10 FAKTA TENTANG HARI PASKAH YANG PERLU ANDA KETAHUI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel