Sunday, April 16, 2017

10 FAKTA TENTANG STASIUN LUAR ANGKASA INTERNASIONAL (ISS)

Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS
FaktaLeaks – ISS dalam bahasa Inggris adalah singkatan dari International Space Station, yaitu sebuah Stasiun Ruang Angkasa milik Amerika Serikat, Rusia, Kanada, Jepang dan beberapa negara Eropa. Untuk Amerika Serikat dan Rusia, stasiun ini  adalah penerus dari dua Stasiun Ruang Angkasa sebelumnya yaitu US Skylab dan MIR milik Uni Soviet, (sekarang Rusia). ISS adalah proyek internasional sebagai simbol berakhirnya ketegangan pasca perang dingin

Berikut Adalah 10 Fakta Tentang Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS):



1. DIPERLUKAN 136 MISI UNTUK MEMBANGUN ISS
Sangat mengejutkan, sebanyak 136 misi ke ruang angkasa dari tujuh jenis peluncur untuk membangun Stasiun Luar Angkasa Internasional tapi sebagian besar misi itu adalah untuk program perbaikan.

2. KECEPATAN 7.71 KM/DETIK MENGELILINGI BUMI
ISS mengitari bumi dengan kecepatan sekitar 7.71 kilometer per detik. Kecepatan itu bisa mengantarkan manusia dari bumi ke bulan bolak-balik setiap hari.

3. MENGGUNAKAN 12,8 KILOMETER PANJANG KABEL LISTRIK 
Total keseluruan ada 12,8 kilometer panjang kabel listrik yang digunakan untuk sistem kelistrikan di ISS.



4. MENGGUNAKAN 52 KOMPUTER
Menurut NASA, ada 52 jumlah total komputer yang digunakan untuk mengontrol ISS, dan ada 1,5 juta baris kode yang berjalan pada 44 komputer untuk berkomunikasi melalui 100 jaringan dengan lebih dari 400 000 transfer sinyal.

Tahukah Kamu?
Per 3 Orang Astronout membutuhkan 7 ton pasokan air dan makanan selama 6 bulan

5. SUDAH DIKUNJUNGI 15 NEGARA BERBEDA
Sejauh ini ada 211 Astronaut dan Kosmonot terlatih yang sudah mengunjungi ISS dari 15 negara berbeda.

6. MEMILIKI RUANGAN YANG LUAS
Tidak seperti yang dipikirkan sebelumnya bahwa Stasiun Luar Angkasa Internasional itu memiliki ruangan yang sempit. faktanya ukuran panjang ISS adalah 109 m yang terdiri dari 6 ruangan dan 2 toilet. Jika ada yang mengatakan kalau Astronot itu tidur berdesakan, itu adalah hoax

7. BANGUNAN KONSTRUKSI TUNGGAL TERMAHAL 
Stasiun Luar Angkasa Internasional adalah sebuah maha karya rekayasa konstruksi termahal sepanjang sejarah umat manusia. Dibangun dengan Total biaya US$ 120 miliar yang didanai oleh 16 negara (termasuk Swedia ).



Baca Juga:
10 MISI TERBESAR NASA DI MASA DEPAN
10 FAKTA TENTANG TELESKOP HUBBLE

8. MINUM AIR URIN
Dua toilet yang terdapat di ISS dilengkapi dengan filter untuk menyaring urin atau air seni. Urin dari kru tersebut selanjutnya disaring kembali untuk dimasukan ke dalam stasiun pasokan air minum sehingga astronaut tidak kekurangan air

9. BAU MISTERIUS DI ISS
Bau dari ruang hampa udara ini diduga berasal dari atom oksigen dan aroma metaliknya berasal dari energi tinggi getaran ion dimana partikelnya yang menempel pada pakaian dan peralatan astronot memiliki aroma menyengat seperti campuran bau steak, logam panas, dan asap las.

10. BADAN TERASA CEPAT LELAH
Hal ini disebabkan karena tubuh manusia kehilangan berat tubuh di lingkungan tanpa gravitasi, semua astronaut di ISS rutin berolahraga setidaknya dua jam sehari untuk menjaga fisik mereka.