Saturday, April 8, 2017

10 FAKTA TENTANG ISIS YANG PERLU ANDA KETAHUI

fakta tentang isis
FaktaLeaks - Negara Islam yang sering dikenal dengan nama IS, ISIS, ISIL atau Daest adalah milisi bersenjata Salafi Jihad yang bermarkas di Irak dan Suriah. Mereka menganggap diri sebagai Dawlah Islamiyah atau pemerintah yang sah dari negara islam. Pada bulan juni 2014 mereka menyatakan diri sebagai kelompok Kekhalifaan dengan otoritas politik, agama atas nama umat muslim diseluruh dunia, CIA pernah mengumumkan bahwa kelompok ISIS memiliki 31.000 prajurit yang tersebar di Irak dan Suriah, jumlah ini menempatkan mereka sebagai kelompok teroris terbesar sepanjang sejarah.

Berikut 10 Fakta Tentang ISIS Yang Perlu Anda Ketahui:


1. ISIS HANCURKAN SITUS BERSEJARAH
Ribuan Situs Kuno Bersejarah yang bernilai tinggi telah diambil alih dan dihancurkan oleh ISIS, Mereka menganggap situs-situs tersebut adalah tempat penyembahan berhala dan itu merupakan dosa serius bagi mereka. Pemimpin ISIS juga memerintahkan untuk menjarah Situs Islam di museum Mosul, museum terbesar kedua di Irak yang dan situs arkeologi kota kuno Hatra peninggalan 3000 tahun SM yang terletak di Ninawa Irak.

2. RIVALITAS ANTARA ISIS vs AL-QAEDA

Awalnya ISIS adalah bagian dari Al-Qaeda, namun karena tindakan ISIS dianggap terlalu ekstrim dan radikal sehingga memicu konflik antar keduanya, dengan kata lain, tindakan IS telah mencoreng semangat jihad yang dibangun oleh Al-Qaeda.

3. ISIS PENGGAL KEPALA

Salah satu faktor utama dalam kesuksesan perekrutan anggota ISIS adalah dengan merilis serangkaian video-video propaganda di internet yang berisi tentang pemenggalan kepala tawanan diantaranya yang sempat menjadi viral didunia maya saat mereka melakukan siaran langsung eksekusi mati terhadap umat Kristen di Mesir dan Libya, Video ISIS ini sontak mendapat kecaman dari dunia internasional. Beberapa situs media sosial terbesar seperti Twitter dan Facebook menjadi tempat yang efektif bagi organisasi teroris ini dalam merekrut anggota dan menyebarkan propaganda.




4. ORGANISASI TERORIS TERKAYA

Pengadaan logistik dan persenjataan serta biaya operasi-operasi militer ISIS tentunya memerlukan anggaran yang besar, belum lagi dengan honor tentaranya yang harus rutin dibayar perbulan yaitu sebesar Rp.13,4 juta perorang. 

Untuk mengatasi masalah ini, ISIS melakukan sejumlah cara untuk menghasilkan uang diantaranya dengan merebut pangkalan-pangkalan minyak dan menjualnya secara ilegal, mereka juga menjual mahal situs-situs purbakala hasil jarahan, selain itu mereka juga melakukan penculikan terhadap orang-orang yang dianggap bernilai tinggi dan meminta uang tebusan. 


Saat menyerang kota mosul, ISIS berhasil merampas uang dari sejumlah bank dengan total sekitar USD 1 Miliar atau setara dengan Rp. 13,4 Triliun dan seperti dikutip dari situs forbes.com kekayaan ISIS pernah menyentuh angka USD 3 miliar pada tahun 2015 dan seiring dengan makin gencarnya serangan militer dari berbagai pihak, membuat ISIS kehilangan banyak sumber penghasilan sehingga kekayaan mereka menyusut menjadi USD 54 juta atau sekitar Rp. 708 miliar


5. ISIS ADALAH BUATAN AMERIKA?

Awalnya beberapa kelompok pemberontak bertekad untuk menggulingkan rezim diktator Bashar al Assad, kelompok-kelompok ini adalah Free Syrian Army (FSA), Jabhat Al-Nusra / Al Qaeda (cikal bakal ISIS), Islamic Front (IF) dan Army of Mujaheden (AM). Perjuangan mereka nampaknya mendapat simpati dari negara dunia barat termasuk Amerika sebab negara-negara ini beraliansi dengan beberapa negara di timur tengah seperti Saudi Arabia, UEA, Qatar, Kuwait, Bahrain yang merasa terancam dengan rezim Bashar al Assad sehingga mereka sepakat untuk memberikan bantuan dana dan persenjataan kepada kelompok pemberontak.

Namun seiring berjalannya waktu, terjadi perpecahan ditubuh Jabhat Al-Nusra dimana sebagian anggotanya membelot dan membentuk kelompok baru yang bernama ISIS dengan misi yang melenceng dari tujuan awal pemberontakan.


6. IDEOLOGI YANG DIANUT ISIS

Hal yang melatar belakangi lahirnya Ideologi ISIS Yang Sebenarnya adalah tafsiran Al-Quran kaum sunni yang menyiratkan bahwa semua umat Muslim harus tinggal disebuah Kekhalifahan, sebuah negara yang menerapkan hukum Islam pada semua aspek kehidupan termasuk rajam dan penggal bagi pelanggar hukum serta menghalalkan sistem perbudakan.

7. BENCI DI SEBUT DAESH

Apa Itu DaeshDaesh Adalah sebuah akronim untuk frasa Arab "Al-Dawla Al-Islamiya Al-Iraq Al-Sham" atau dikenal dengan Negara Islam Irak dan Mediterania. Orang-orang di eropa memplesetkan menjadi "Daish" mirip dengan bahasa Arab "Daes" yang berarti menginjak-injak atau menghancurkan. ISIS mengancam akan memotong lidah bagi siapapun yang secara terang-terang menggunakan kata "Daesh" 




8. INGIN MENGUASAI NEGARA MAYORITAS MUSLIM 

Ketika memproklamirkan diri sebagai Kekhalifaan, ISIS mengklaim sebagai negara Islam yang mempunyai otoritas keagamaan atas semua umat Islam dan berambisi untuk mengambil alih sebagian besar wilayah yang berpenduduk Muslim dibawah kontrol politik langsung dari ISIS, dimulai dari Levant, yang mencakup Yordania, Israel, Palestina, Lebanon, Siprus, dan wilayah selatan Turki.

9. SERANGAN TERORIS DI EROPA MENINGKAT 11%

Manuel Navarrete, Kepala Pusat Kontraterorisme Eropa (Europol), mengatakan dalam sebuah wawancara pada bulan November 2016 bahwa doktrin agama adalah faktor penting dalam perekrutan simpatisan ISIS di Eropa. ISIS mengajak simpatisannya untuk melakukan aksi teror di benua Eropa dengan doktrin bahwa apa yang mereka lakukan itu adalah semata-mata berjuang untuk Allah. Menurut Manuel Navarrete, selama kehadiran ISIS, aksi terorisme di Eropa meningkat 11% dari sebelumnya yang hanya 3 - 4%.

10. PENGARUH ISIS DI INDONESIA

Sebagai negara demokrasi terbesar ketiga dan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia tidak luput dari pantauan ISIS sehingga mereka menjadikan Indonesia sebagai pusat rekruitmen ISIS di wilayah Asia Tenggara.




Previous
This Is The Oldest Page

1 komentar so far

yang jelas ISIS itu bukan Islam karna telah melenceng dari ajaran islam