10 FAKTA BAHAYA SMARTPHONE BAGI ANAK USIA DINI

anak anak main hp
FaktaLeaks - Perkembangan teknologi saat ini semakin mempengaruhi prilaku manusia termasuk anak-anak yang terlahir di era serba digital ini. Sejak masih kecil mereka sangat erat dengan teknologi terutama pemakaian telepon pintar atau smartphone.

Menurut penelitian dari “The American Academy of Pediatrics & The Canadian Society of Pediatrics” menyebutkan Bahaya Smartphone bagi tubuh anak dan juga bagi kesehatan mata anak usia dini. Bahkan dilaporkan bahwa penggunaan smartphone untuk anak di bawah usia 12 tahun dapat menghancurkan otak anak Anda. Berikut 10 Fakta Bahaya Smartphone Bagi Anak Usia Dini:

1. MENINGKATNYA RESIKO OBESITAS / KEGEMUKAN
Penelitan menunjukkan hubungan antara smartphone dan obesitas sangatlah berkaitan. Anak-anak yang bermain smartphone seharian di dalam kamar cenderung lebih mudah terkena resiko kegemukan, padahal 30% anak-anak yang mengalami obesitas juga berpotensi terserang diabetes, jantung dan stroke

2. MENGHAMBAT GERAK MOTORIK ANAK
Ketika anak asik bermain smartphone, mereka akan cenderung bersikap malas atau kurang bergerak sehingga bisa menghambat pertumbuhan tubuh mereka. Sebuah penelitian yg dilakukan di Amerika, menyebutkan bahwa 1/3 dari jumlah anak-anak yang bersekolah mengalami hambatan perkembangan fisik, hal ini ditunjukkan dengan rendahnya minat untuk membaca yang berdampak pada menurunnya prestasi yang mereka capai di sekolah.

3. MENYEBABKAN GANGGUAN MENTAL ANAK
Mungkin yang ada dibenak Kamu adalah anak kecil tidak mungkin mengalami gangguan mental, mereka masih senang-senangnya bermain dan tidak banyak pikiran. Namun kenyataannya dari sejumlah studi menyimpulkan bahwa anak berpotensi menjadi depresi, cemas, autis, bipolar dan perilaku kejiwaan lainnya karena terlalu berlebihan bermain smartphone.



4. MENYEBABKAN ANAK SUSAH TIDUR
Tahukah Kamu? kalau 60% orang tua ternyata kurang mengawasi anaknya saat menggunakan smartphone dan 75% orang tua malah membiarkan anaknya bermain smartphone. Selain itu hampir 75% anak-anak usia 9 sampai dengan 10 tahun mengalami susah tidur karena bermain smartphone berlebihan. Lalu apa yang terjadi? Hal ini akan menurunkan minat belajar mereka

5. BERPRILAKU AGRESIF
Smartphone sebagai alat komunikasi tentunya menyuguhkan berbagai macam konten termasuk aksi kekerasan. Anak bisa diibaratkan sebagai spons yang dapat menyerap apapun yang dia lihat.
Jika adegan-adegan itu terlihat oleh anak, maka anak bisa menjadi agresif, terutama sekarang banyak game-game yang menampilkan perilaku kekerasan fisik dan seksual. Bukan hal yang tidak mungkin jika anak akan meniru adegan-adegan tersebut.

6. MENURUNKAN KUALITAS PENGETAHUAN ANAK
Ketika anak-anak terlalu banyak bergantung pada smartphone maka hal ini memberi efek buruk bagi pengetahuannya sebab pengetahuan atau pendidikan yang mereka peroleh dari internet tidak akan bertahan lama dalam ingatannya

7. MENURUNKAN DAYA INGAT
Teknologi internet memberikan informasi yang sangat cepat, apapun yang mereka inginkan akan disajikan dengan cepat sementara otak mereka belum terlatih untuk mengelolah dan memproses banyaknya informasi yang diterima. Hal ini akan membuat kosentrasi dan daya ingat anak akan berkurang. 



8. MENURUNKAN KEKEBALAN TUBUH ANAK
Smartphone terkoneksi dengan internet melalui jaringan nirkabel yang mengeluarkan radiasi berbahaya, jika anak-anak terlalu sering terpapar radiasi maka akan berpengaruh pada otak mereka dan menurunnya system kekebalan tubuh.

9. OTAK ANAK BERKEMBANG MELEBIHI BATAS
Anak pada usia 1-2 tahun yang kebanyakan main smartphone, akan mempengaruhi pertumbuhan otak sehingga berkembang lebih cepat dari batas normal. Dan itu akan berlanjut hingga umur 21 tahun. Otak mereka yang terlalu cepat berkembang, bisa membuat anak jadi kurang berkonsentrasi karena terlalu banyak terfokus pada smartphone. Parahnya lagi jika tidak dilakukan pencegahan lebih awal mungkin anak akan mengalami gangguan kognitif dalam proses belajar, lebih tempramental dan susah mengendalikan diri.

10. KECANDUAN SMARTPHONE
Ketika para orang tua selalu sibuk dengan smartphonenya, anak-anak jadi merasa diabaikan, dengan begitu mereka akan mencontoh prilaku dari orang tua mereka, akibatnya mereka akan terbiasa dan kecanduan mengunakan smartphone. Menurut sebuah penelitian menyimpulkan kalau satu dari sebelas anak berusia 8 sampai dengan 18 tahun kecanduan terhadap smartphone.

1 Response to "10 FAKTA BAHAYA SMARTPHONE BAGI ANAK USIA DINI"

  1. Kalau anak dari awal sudah kenal dengan smartphone maka sulit untuk merubah kebiasaan itu

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel